5 Pesona Pantai Dondon, Hidden Gem dan Dekat dari Sirkuit Mandalika Lombok

Contents [Click here]
Tak sepopuler pantai lain, pantai ini sangat direkomendasikan khususnya bagi para introvert~

Lombok merupakan sebuah pulau yang tak berbeda jauh dengan Bali dalam hal pesisirnya yang mempesona. Termasuk di pesisir selatannya, Lombok terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis seperti Pantai Kuta dan Pantai Tanjung An. Pantai-pantai tersebut selalu menjadi lokasi kunjungan pelancong termasuk turis asing mancanegara.

Perairan Pantai Dondon yang tenang dan dangkal di Pujut Lombok Tengah
Perairan Pantai Dondon

Eits, ada satu lagi pantai yang tak jauh dari Pantai Kuta dan Pantai Tanjung An yaitu Pantai Dondon. Pantai ini menjadi hidden gem karena letaknya cukup tersembunyi. Namun, pantai ini dikenal memiliki pesona yang tak berbeda dengan pantai-pantai terkenal di Lombok. 

Karena itu lah pantai ini tepat menjadi hidden gem dan menjadi rekomendasi yang sangat cocok bagi para introvert! Nah, berikut ini ulasan tentang pesona Pantai Dondon. Simak ya!

Tersembunyi, serasa pantai pribadi!

Tak jauh dari deretan Pantai Kuta dan Tanjung An yang selalu menjadi primadona pantai Lombok, ada Pantai Dondon. Pantai ini tak seramai pantai lain karena letaknya yang harus melewati pemukiman dan terpelosok.

Medan jalannya belum beraspal. Parkiran untuk motor dan mobil gratis pada hari biasa. Lahan parkirnya tidak dikhususkan. Biasanya kendaraan bisa memarkir di bawah pepohonan yang ada di sekitar pantai. 

Pantai Dondon yang sepi pengunjung
Pantai Dondon yang sepi pengunjung

Pantai ini sangat sepi di hari-hari biasa (weekdays). Nah, pada saat inilah pantai ini sangat sepi. Rasanya seperti pantai milik sendiri!

Kecuali pada hari tertentu seperti hari libur dan akhir pekan, pantai ini akan ramai dikunjungi.Meski begitu keramaiannya tak melebihi dari pantai-pantai lain. Benar-benar cocok untuk yang tidak suka keramaian!

Berpasir putih dan berkarang

Pantai-pantai di pesisir selatan Lombok terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah pantai berpasir putih. Pantai Dondon pun tampak mempesona dengan hamparan pasir putihnya.

Tak hanya itu, di sudut Pantai Dondon juga ada banyak karang dan bebatuan. Sudut ini memiliki latar pemandangan pantai yang sangat indah. Sangat cocok untuk latar fotomu ya!

Di satu sisi Pantai Dondon yang berkarang dan bebatuan
Di satu sisi pantai yang berkarang dan bebatuan

Perairan pantainya yang tenang dan dangkal

Di pantai ini para pengunjung diperbolehkan untuk berenang di sini. Ombaknya sangat tenang dan perairannya dangkal jadi tak akan sulit untuk berenang.

Karena airnya yang jernih dan tenang, pengunjung bisa melihat langsung ke dasar laut. Pantai ini banyak ditumbuhi rumput laut. Jadi jangan heran jika saat berenang sering menemukannya.

Perairan Pantai Dondon yang tenang dan dangkal di Pujut Lombok Tengah
Perairan Pantai Dondon yang tenang dan dangkal

Sesekali menjadi lokasi perayaan masyarakat

Menurut masyarakat sekitar, pada event tertentu pantai ini menjadi lokasi perlombaan. Salah satunya adalah Lomba Balap Sampan. Lomba ini pernah diadakan pada tahun 2021 untuk menarik kunjungan wisatawan dan membangkitkan pelaku UMKM. 

Selain itu, di tepi pantai ini juga bisa menjadi lokasi camping. Perijinannya pun tidak sulit hanya melapor ke kepala dusun atau kepala desa. Tertarik kan?

Perahu-perahu masyarakat yang terparkir sekitar Pantai Dondon
Perahu-perahu masyarakat sekitar pantai

Tak banyak jajanan, tapi es sangat direkomendasikan!

Pada hari-hari biasa, khususnya saat hari sepi kunjungan, tidak akan banyak pilihan jajanan apalagi kuliner di pantai ini. Jadi sangat disarankan untuk membawa makanan saat datang ke pantai ini. Namun ada satu dagangan yang sering muncul di sini yaitu es kelapa. 

Wah, es kelapanya sangat menyegarkan! Komposisinya hanya air kelapa ditambah susu dan jeruk nipis. Minum ini ditengah siang dengan pemandangan seindah Pantai Dondon sangat-sangat menyenangkan!

Dagangan es kelapa di tepi Pantai Dondon
Dagangan di tepi pantai

-

Itulah ulasan Pantai Dondon yang pasti akan meyakinkanmu untuk mengunjungi pantai ini ke to do list kalian saat ke Lombok ya! Semoga bisa disegerakan ke Lombok ya!