Embung Tambak Boyo: Rekomendasi Tempat Jogging di Jogja Sembari Menikmati Alam

Contents [Click here]
Tempat Jogging Paling Luas ditambah Pemandangan Alamnya~

Tambak Boyo adalah merupakan waduk air yang berada di Sleman, Yogyakarta. Waduk ini merupakan sumber daya konservasi air. Air waduk ini berasal dari aliran sungai Tambak Bayan dan Sungai Buntung. Di sisi lain, waduk ini juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Pemandangan Embung Tambak Boyo, Sleman, YogyakartaPemandangan Embung Tambak Boyo, Sleman, Yogyakarta
Pemandangan Embung Tambak Boyo (dok. pribadi)

Lokasinya di tengah pemukiman

Secara administrasi, waduk ini masuk dalam wilayah  Desa Maguwoharjo, Desa Condongcatur, dan Desa Wedomartani. Karena lokasinya berada di tengah pemukiman, untuk mencapai area ini memang agak sulit bagi yang belum pernah ke tempat ini. Namun bagi yang baru ingin ke tempat ini bisa mengandalkan google map agar tidak tersasar ya.

Anjing warga di Tambak Boyo
Anjing warga yang berkeliaran di Tambak Boyo
(dok. pribadi)

Harga Tiket Masuk (HTM)

Akses masuk ke dalam waduk ini ada 2 jalur. Untuk jalan masuk utara dan selatan. Tiket masuknya gratis. Namun masuk kendaraan untuk parkir dikenakan biaya.

  • 1000 IDR/Sepeda
  • 2000 IDR/Motor
  • 3000 IDR/Mobil

Fasilitas Wisata

Pengunjung disediakan lahan parkir yang berada di sepanjang pinggir waduk. Namun sebaiknya jangan sembarangan memarkir ya. Parkirlah di tempat-tempat yang tidak menutup jalan dan sebaiknya di area yang terlihat agar aman.

Para pengunjung datang ke sini paling sering untuk wisata dan olahraga di area ini. Sepanjang jalan pinggir waduk ini biasanya menjadi area jogging. Baik pada pagi hari maupun di sore hari.

Daya Tarik Wisata

Banyak aktivitas yang sering dilakukan pengunjung di waduk ini sebagai daya tarik wisatanya. Salah satunya adalah wisata kuliner.

Waduk ini dikelilingi warung makan dan kafe. Menunya pun beragam mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan. Jam buka cafe dan warungnya berbeda-beda. Untuk warungnya biasanya dibuka sejak pagi menjelang siang. Sementara cafe-cafenya buka di antara siang ke sore.

Tidak hanya wisata kuliner, para pengunjung juga datang ke tempat ini untuk wisata alam. Pemandangan alamnya tidak diragukan lagi. Selain pemandangan waduk yang super sejuk, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan jelas.

Pengunjung juga memanfaatkan sumber daya alam waduk ini untuk memancing. Dari pengakuan masyarakat, ada beragam jenis ikan di dalam waduk ini seperti lele, nila, dan bawal. Para pemancing ini biasanya berada di beberapa titik waduk.

Itulah ulasan tentang Tambak Boyo yang cocok menjadi tempat wisata dan olahragamu di Jogja. So, tunggu apalagi?