"Ayam Lunak Jogja": Menjadi Langganan Mahasiswa Lebih Dari Satu Dekade

Contents [Click here]

 

Ayam bakar dan goreng dengan sambal andalannya~

Ada satu warung langganan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yaitu Ayam Lunak Jogja (ALJ). Menurut pengakuan sahabat, alumni mahasiswa UII angkatan 2010, warung ini sudah berdiri dari awal kuliah. Jadi, warung ini telah berdiri lebih dari satu dekade. 

Warung ini memiliki menu andalannya yaitu ayam bakar dan ayam goreng beserta sambalnya yang nikmat. Meski terdengar menunya sederhana, warung ini sangat nyaman sehingga berhasil berdiri selama 10 tahun lebih bahkan bertahan setelah pandemik.

Menu di Warung Ayam Lunak Jogja
(dok. pribadi)

Berikut ulasan tentang Warung Ayam Lunak Jogja. Simak ya!

Lokasinya mudah dijangkau

📍 Warung Ayam Lunak Jogja (ALJ) 

Warung ini berada tak jauh dari kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Letaknya di pinggir sisi timur Jalan Kaliurang Km.14 yang tak jauh dari pertigaan. Tepatnya di sebelah Toko Rafa.

Warung Ayam Lunak Jogja di Jalan Kaliurang, Yogyakarta
Warung Ayam Lunak Jogja di Jalan Kaliurang
(dok. pribadi)

Tempat yang nyaman bagi mahasiswa

🎫 Bebas Parkir
🕛 12.00 - 22.30 WIB

Meski tampak kecil dari luar, warung ini cukup nyaman bagi para konsumen untuk makan di tempat. Banyak mahasiswa, pekerja, maupun masyarakat sekitar datang ke sini untuk menyantap menunya.

Warungnya menyediakan tempat duduk dengan meja dan lesehan. Di sudut warung juga disediakan wastafel untuk mencuci tangan. Secara umum, fasilitas tempatnya sangat memadai dan nyaman bagi konsumen ke tempat ini.

Situasi Warung Ayam Lunak Jogja (ALJ)
(dok. pribadi)

Menu sederhana yang menggugah selera

Warung ini menyediakan beragam menu mulai dari ayam, nila, lele, ampela hati, higga tahu tempe. Pengolahannya bisa digoreng atau dimasak. Menunya akan disajikan bersama kondimen lain seperti sambal dan lalapan.

Pengunjung bisa memilih kondimen sambalnya antara sambal bawang, sambal ijo, sambal tomat, atau sambal mix. Sambalnya pun disajikan bersama lauk dan potongan timun di atas piring berbahan tanah liat. Selain itu nasinya bisa nasi biasa dan nasi uduk dengan porsi yang cukup banyak.

Menu Ayam Goreng Lunak Sambal Bawang dan Mix di Warung Ayam Lunak Jogja, Yogyakarta
Menu Ayam Goreng Lunak Sambal Bawang dan Sambal Mix
(dok. pribadi)
 ⭐ 3/5

Rate ini berdasarkan pilihan menu ayam goreng lunak+nasi biasa+sambal mix. 

Sayang sekali ayam goreng lunaknya sangat alot. Lumayan cukup lama untuk melumat ayamnya agar bisa ditelan. Namun dari segi rasa, bumbu kuning ayamnya sangat pas. 

Di sisi lain, sambalnya cukup enak. Sambal bawangnya jauh lebih pedas daripada sambal ijo. Tentu saja menjadi pencuri minum di warung ini.

Harga terjangkau bagi anak kos!

💰 ± 15k

Tidak hanya letaknya yang strategis dengan kampus UII, warung ini juga menawarkan menunya dengan harga super terjangkau. Itulah alasan lain warung ini selalu kembali dikunjungi pengunjungnya terutama para mahasiswa dan anak kos.  

Menu ayam dan sambal dengan harga yang murah, siapa yang tidak tertarik? Coba gih!