Cokro Tulung: Destinasi Wisata Pemandian Mata Air di Klaten

Contents [Click here]
Pemandian mata air yang dingin dan menyegarkan!

📍 Lokasi Cokro Tulung di Jl. Cokro - Tulung, Area Sawah, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 
👐 09.00-17.00 WIB
🎫 Rp.10.500,-/orang
Pemandangan air jernih di Cokro Tulung, Klaten, Jawa Tengah
Pemandangan Cokro Tulung, Klaten
(dok.pribadi/ailunana)

Cokro Tulung merupakan salah satu destinasi wisata pemandian alami mata air dan waterboom di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Jogja sekitar 2 jam. Meski begitu, suguhan alam Cokro Tulung ini sebanding dengan usahamu datang jauh-jauh ke tempat ini. 

Pemandangan Aliran Sungai Cokro Tulung dari mata air di Klaten, Jawa Tengah
Aliran Sungai Cokro Tulung dari mata air
(dok. pribadi/ailunana)

Pemandian ini telah disediakan fasilitas parkir, tempat mengganti baju maupun toilet. Di area ini kita juga bisa menemukan berbagai kuliner dari gorengan, sate,  soto, dan lain-lain dengan harga yang relatif murah. Bagi pengunjung yang tidak membawa alas duduk sendiri bisa menempati karpet yang disediakan oleh penjual yang menjual makanan dengan harga Rp.10.000,-.

Sungai mata air Cokro Tulung ini sangat jernih dan kita bisa melihat dasar sungai dan ikan-ikan yang berenang. Kedalamannya sekitar 1,5 - 2 meter sehingga jika ingin berenang di sana disarankan adalah orang dewasa dengan tinggi di atas 1,5 meter atau setidaknya bisa berenang. Untungnya, di sana disediakan menyewa ban untuk bisa mengapung di sungai. 

Aliran air sungai Cokro tulung ini berasal dari mata air yang menjadi salah satu sumber mata air. Sumber mata air tersebut digunakan masyarakat untuk keperluan sehari-hari termasuk untuk pengairan sawah yang sampai saat ini di sekitaran Cokro Tulung. 

Berkat inisiatif masyarakat dalam memajukan ekonomi, bersama pemerintah mata air tersebut disulap menjadi objek wisata air. Tidak hanya alisan rungai mata air, pemerintah juga menambahkan fasilitas arena permainan air seperti waterboom.

Sungai Cokro Tulung yang sangat jernih
 Sungai Cokro Tulung yang sangat jernih
(dok. pribadi/ailunana)

So, tunggu apalagi? Yuk, ke Cokro Tulung!