Cara Mendapatkan Gaji dari IDN Times, Lumayan Untuk Nambah Uang Saku!

Contents [Click here]

Tips-tips mendapatkan uang dari IDN Times~

IDN Times merupakan salah satu platform digital yang menawarkan para penulis mendapatkan uang. Platform ini direkomendasikan bagi para penulis dari berbagai kategori. Mulai dari topik informasi, inspirasi hingga fiksi. Jadi pada dasarnya semua topik bisa ditulis di platform ini.

Tentu untuk mendapatkan uang di IDN Times yang paling utama adalah memiliki artikel yang telah dipublish. Dari artikel tersebut nantinya akan mendapatkan poin yang dapat ditukar menjadi nilai rupiah. Nah, inilah ulasan terkait mendapatkan uang di IDN Times. Check it out!

Cara mendapatkan poin di IDN Times

Di IDN Times tulisan-tulisanmu yang telah berhasil dipublis akan menjadi investasimu. Uang yang bisa didapatkan di paltform ini adalah berbentuk poin. Ada beberapa cara untuk mendapatkan poinnya, di antaranya adalah

  1. Mendapatkan poin berdasarkan views artikel. Maka dari itu, semakin banyak yang membaca artikel maka peluang mendapatkan poinnya akan semakin banyak.
    Hitungan poinnya adalah:
    1 point = 100 pageviews

    Poin dari page views di IDN Times
    Poin yang didapatkan berdasarkan pageviews
    IDN Times/ailunana
  2. Mendapatkan poin dengan mengikuti event dan promo yang ditawarkan IDN Times. Fitur ini ada di dashboard. Ada beragam event dan promo yang ditawarkan dan selalu diperbaharui di setiap bulannya.
    Biasanya eventnya diadakan dari kerjasama dengan pihak ketiga. Misalnya Event Kompetisi Menulis Happy di Jabar pada bulan Juni dan Juli yang berkerja sama antara IDN Times dan Pemerintah Daerah Jawa Barat. Pemenangnya mendapatkan hadiah sesuai dengan tawaran dari pihak pemerintah daerah Jawa Barat.
    Sementara promo yang sering ditawarkan IDN lebih beragam. Salah satunya mendapatkan bonus poin berdasarkan jumlah artikel yang telah dipublish. Bahkan bonusnya bisa lebih banyak jika mendapatkan bonus poin dari banyak artikel dalam satu kategori.

    Event dan Promo mendapatkan poin
    Event dan Promo mendapatkan poin

Cara menukarkan (redeem) poin di IDN Times

Dari poin yang telah didapatkan, penulis dapat menukarkan poin tersebut menjadi uang rupiah. Minimal penarikannya adalah 750 poin dan maksimalnya adalah 10.000 (seperti gambar di bawah)

Redeem point di IDN Times

Ilustrasi hitungannya adalah

Rp. 1.000.000,- = 10.000 point = 1.000.000 views

Tips Agar menambah poin di IDN Times

Pada dasarnya ada beberapa hal perlu diperhartikan untuk menambahkan poin IDN Times:

  1. Hasilkan artikel sebanyak-banyaknya. Apabila di direject karena harus direvisi. Maka segera revisi. Sementara jika direject karena sudah ada artikel serupa, bisa submit ke platform lainnya seperti suara.com, atau platform lainnya.
  2. Buatlah artikel semenarik mungkin yang mengandung informasi, inspirasi, atau fiksi. Semakin menarik maka semakin berpeluang views berdatangan dan otomatis menambah poin.
  3. Buatlah topik artikel yang sedang trending. Hal ini untuk mendapatkan views yang banyak.
  4. Buatlah topik artikel yang sustainable (berkelanjutan). Isinya informatif, inspiratif, dan fiksi karena sifatnya bermanfaat dalam jangka waktu panjang meski viewsnya memang tidak menentu.

Pengalaman Pribadi Berkarir di IDN Times

Sejauh ini saya telah mensubmit artikel sebanyak 18 artikel di IDN Times selama Juni 2023. Berikut gambaran artikel-artikel saya:

  • 2 artikel berhasil dipublish

    Artikel yang telah terpublish sampai Juli 2023
    IDN Times/ailunana
  • 14 artikel masih dalam proses pending mulai dari Juni-Juli 2023. Pending ini telah berjalan nyaris selama sebulan. Cukup lama ya!
  • 2 artikel telah direject karena topik serupa telah dipublish
    • 1 artikel publish di suara.com
    • 1 artikel publish di blog ini.

Rencananya saya akan kembali menulis di platform ini jika artikel-artikel saya yang dipending nasibnya direject atau dipublish.

 -

Itulah ulasan mendapatkan uang dari IDN Times dan pengalaman pribadi saya. Cukup banget untuk menambah uang sakumu dengan hanya menulis. So, selamat mencoba!

Baca juga: