Potret Festival Perayaan HUT RI ke-77 di Wawo Bima, Acaranya Super Meriah!

Contents [Click here]

Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-77 di Wawo, Bima, NTB

Masyarakat Indonesia sangat kental dengan festival peringatan hari kemerdekaan. Hampir seluruh daerah di Indonesia mengadakan festival mulai dari parade, perlombaan, dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini untuk menunjukkan bagaimana masyarakat Indonesia merasa 'bahagia' atas kemerdekaan Indonesia dan juga sebagai pengingat bahwa Indonesia telah melewati masa 'kelamnya' dan menuju masa depan yang cerah. 

Pakaian Adat Bima di Pawai HUT RI ke-77Pakaian adat Bima menggunakan Rimpu di Wawo Bima pada Festival Hari Kemerdekaan ke 77
Pakaian Adat Bima di Pawai HUT RI ke-77

Sama halnya juga di daerah Bima, masyarakat yang didominasi Suku Mbojo ini juga tidak luput ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI di daerahnya. Ada berbagai acara yang diadakan mulai dari parade, perlombaan, upacara, dan berbagai aktivitas lainnya. 

Berbagai kegiatan festival menyambut Hari Raya Kemerdekaan RI ini umumnya diadakan jauh-jauh hari dari tanggal 17 Agustus. Bisa jadi mulai di akhir Juli maupun awal Agustus hingga mendekati hari H. 

Masyarakat akan berbondong-bondong ikut meramaikan festival ini. Bahkan nyaris seluruh instansi daerah terkait akan ramai-ramai mengadakan beragam kegiatan. 

Menjelang hari H, jalanan akan sering ditemui masyarakat sedang berlatih gerak jalan. Lalu di lapangan juga ditemui masyarakat sedang berlatih olahraga mulai dari voli, sepak bola, dan lain-lain. Kegiatannya di adakan setelah jam sekolah atau kantor sekitar siang hari hingga malam hari.

Tidak berbeda dengan daerah lain di Bima, masyarakat Wawo juga pasti selalu sibuk dengan berbagai kegiatan menjelang hari kemerdekaan. Salah satu kegiatan yang paling meriah dan ditunggu-tunggu adalah festival.

Festival Pawai Budaya Wawo di Bima HUT RI ke-77
Festival Pawai Budaya Wawo di Bima HUT RI ke-77

Festival ini diikuti dari berbagai lapisan masyarakat, sekolah, dan juga instansi pemerintah. Festival ini berupa parade yang dilakukan dengan kelompok-kelompok perwakilan berjalan di jalan utama (Wawo-Sape). Pesertanya menggunakan beragam kostum mulai dari pakaian adat tradisional dari beragam daerah hingga kostum berbagai cosplay yang variatif.

Nah, berikut potret-potret Festival HUT RI ke-77 di Wawo, Bima yang super-duper meriah!

Anak-anak sekolahan ikut meramaikan di Pawai Festival HUT RI Kemerdekaan RI ke 77 di Wawo BimaAnak-anak sekolahan ikut meramaikan di Pawai Festival HUT RI Kemerdekaan RI ke 77 di Wawo BimaAnak-anak sekolahan ikut meramaikan di Pawai Festival HUT RI Kemerdekaan RI ke 77 di Wawo Bima
Anak-anak ikut serta dalam Festival Pawai di Wawo Bima
Para pria mengenakan pakaian wanita di Festival Pawai HUT RI Kemerdekaan ke 77 di Wawo BimaPara pria mengenakan pakaian wanita di Festival Pawai HUT RI Kemerdekaan ke 77 di Wawo BimaParade Perayaan Kemerdekaan HUT Republik Indonesia di Wawo, Bima, Nusa Tenggara Barat
Beragam kostum yang dikenakan warga Wawo Bima pada Festival HUT RI


Masyrakat berkumpul di titik akhir pawai di Lapangan Wawo Maria, Bima
Masyarakat berkumpul di titik akhir pawai di Lapangan Wawo Maria, Bima
 
Para warga yang ikut memeriahkan pawai di lapangan Wawo Maria HUT RI ke 77Para warga yang ikut memeriahkan pawai di lapangan Wawo Maria HUT RI ke 77
Para warga yang ikut memeriahkan pawai di lapangan Wawo Maria

Gimana menurut kalian? Meriah bukan? 

Bahkan ada pengakuan dari warga, di antara peserta itu ada perantau dari pulau sebelah yang bela-belain pulang kampung ke Wawo demi memeriahkan festival ini. Keren ya!

Wawo memang tidak perlu diragukan lagi kalau acara-acara seperti ini pasti pada solid dan meriah! 🎆