Resep Bingka Dolu, Jajanan Khas Suku Bima Dompu dan Favorit Sultan Bima!

Contents [Click here]
Jajanan khas Suku Mbojo, rasanya manis dan lembut!

Bima dan Dompu merupakan daerah-daerah yang berada di sisi timur Pulau Sumbawa. Suku asli di sana adalah Suku Mbojo. Secara administratif kedua daerah tersebut berbeda tapi keduanya memiliki ciri khas bahasa, fisik, hingga tradisi yang tidak jauh berbeda.

Suku Mbojo sering melakukan acara hajatan yang telah turun temurun sebagai tradisi seperti acara kelahiran, menjelang pernikahan, dan lain sebagainya. Di setiap acara hajatan Suku Mbojo biasanya menyediakan beragam kulinernya yang khas. Salah satunya adalah Bingka Dolu.

Bingka Dolu Khas Suku Mbojo
(dok. pribadi/ailunana)

Bingka Dolu merupakan jajanan khas Suku Mbojo yang memiliki rasa manis. Bahkan dilansir dari sejarahbima.com, jajanan ini menjadi jajanan makanan favorit di KesultananBima dan disediakan untuk para tamu-tamu sultan.

Selain itu teksturnya sangat lembut dan agak berminyak. Bagian bawahnya agak keras/krispi karena sisa dari penggorengan. Lebih enak lagi jika digoreng menggunakan api arang. Sehingga akan ada aroma smoky dan ditambah aroma pandan dari adonan jajanannya. Aromanya sangat memikat!

Umumnya Bingka Dolu berwarna cream cenderung cokelat (original) tanpa pemberian pewarna. Namun ada juga yang memberi warna lain untuk menambah daya tarik seperti warna hijau. Bentuk  jajanan ini ada beragam bentuk tapi yang paling familiar adalah bentuk bundar.

Sayangnya jajanan ini hanya ada pada saat hajatan atau jual di pasar-pasar Bima dan Dompu. Jadi makanan ini tidak mudah ditemukan dan bisa disantap kapan pun. Nah, solusinya dengan membuatnya sendiri.

Berikut ini resep cara membuat Bingka Dolu. Simak ya!

Bahan
  • 4 butir telur
  • 1½ kg gula pasir
  • 1 kg tepung terigu 
  • 100 ml santan kelapa
  • Air sari daun pandan (secukupnya)
  • 2 sdm mentega
Langkah-langkah
  1. Campurkan dan kocok adonan telur dan gula di dalam sebuah wadah.
  2. Tambahkan santan, tepung terigu dan air daun pandan. Aduk hingga merata dan adonannya pas yaitu tidak encer dan tidak padat/padat (Gunakan penyaring untuk mendapatkan tekstur adonan yang pas).
  3. Panaskan wajan cetakan untuk menggoreng dan oles mentega sedikit di permukaan cetakan adonannya.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan lalu ditutup dan tunggu sampai matang.
  5. Setelah matang, angkat dan Bingka Dolu siap disajikan.

Itulah cara membuat Bingka Dolu. Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Kalian buat gih! Selamat mencoba!