Soto Ayam dan Daging "Pak Giyo": Pilihan Sarapan Pagi di Samping Pasar Gentan

Contents [Click here]
Soto berkuah bening dengan pendamping kondimen yang beragam~

Soto merupakan salah satu menu yang paling digemari di Indonesia. Bahkan hampir di setiap daerah Indonesia memiliki soto dengan ciri khasnya tersendiri. 

Apalagi di Jawa hampir setiap sudutnya memiliki soto andalannya. Baik yang kuah bening, bersantan, dan sebagainya. Bahan dan bumbu kuah sotonya pun berbeda. Bahkan penyajiannya pun berbeda. 

Yogyakarta sebagai kota pelajar dan ramah, ada banyak pilihan beragam soto. Khususnya di Sleman ada salah satu warung yang khusus menjual soto. Nama soto ini adalah Soto Ayam dan Daging Pak Giyo.

Nah, berikut ini ulasan Soto Ayam dan Daging Pak Giyo. Simak ya

Soto Ayam dan Daging Pak Giyo
Soto Ayam dan Daging Pak Giyo
(dok. pribadi)

Lokasinya strategis di tepi Jalan Kaliurang

📍 Soto Ayam dan Daging Pak Giyo di  Dentan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
📅 Setiap hari
🕓 05.30-14.30 WIB

Warung Soto Ayam dan Daging 'Pak Giyo' ini letaknya strategis sehingga mudah ditemukan. Warung ini berada di samping sisi selatan Pasar Gentan. Tepat di Jalan Kalurang km 9 dan sebelah patung tugu "Gentan".

Fasilitas area di dalamnya luas

Warung ini cukup luas dengan pilihan lesehan atau duduk di kursi-bangku. Pilihan kursi bangku ini hanya di sediakan sebelah gerobak dengan kapasitas 4 orang. Sementara lesehannya dapat menampung banyak orang sekitar 20-30 orang di dalamnya.

Sayang sekali warung ini memiliki lahan parkir yang sempit. Konsumen bisa memarkir motornya di depan warung. Kapasitasnya untuk 6-7 motor. Namun bagi konsumen yang membawa mobil bisa memarkirkan di tepi jalan di sisi selatan warung.

Menyediakan Satu Menu dengan Kondimen Beragam

Warung ini menyediakan satu menu utama yaitu soto. Ada pilihan soto ayam dan soto daging. Soto ini meliputi nasi, bihun, tauge, kubis, potongan ayam/daging, dan potongan tomat.

Tidak hanya mengandalkan satu menu, warung ini menawarkan banyak pilihan kondimennya. Mulai dari beragam sate usus, telur utuh, dan ampela ati. Selain itu juga ada perkedel, tempe kering goreng, dan tempe bacem. 

Jadi konsumen tidak perlu khawatir jika porsi kurang atau karena kuahnya yang bening rasa sotonya kurang menggugah selera. Kondimennya akan memanjakan lidah dan selera konsumen!

Urusan porsi sotonya standar porsi pada umumnya. Namun jika membawa pulang (take away), porsinya lebih banyak dengan harga yang sama.

Soto Ayam dan Daging Pak GiyoKondimen di Soto Ayam dan Daging Pak Giyo
Soto Ayam dan Daging Pak Giyo dan kondimennya
(dok. pribadi)

Harga Terjangkau Bagi Anak Kos

Harga untuk satu porsi sotonya sekitar Rp.9000,- (jika belum berubah). Harga ini tergolong murah dengan letaknya yang strategis dan termasuk nasi di dalamnya. Untuk kondimennya dihargai sekitar Rp. 1.000,- s/d Rp.2.5000,-. Sementara untuk minumannya sekitar Rp. 2.000,-.  Jadi harga sekali makan di warung ini sekitar Rp.10.000,- s/d Rp.15.000,-.

-

⭐ Personal rating: 3,8/5.

Itulah ulasan seputar Soto Ayam dan Daging "Pak Giyo". Selamat mencoba!