Resep Jajan Bantal Khas Lombok, Banyak Variannya Yang Tentu Nagih!

Contents [Click here]

Saking nikmatnya bikin kenyang dan ngantuk!

Jajan Bantal. Nama jajan satu ini berasal dari bentuknya yang sangat mirip dengan bantal. Di Lombok, jajan ini dikenal Jaje Bantal, Topat Reket, atau Ketupat Ketan. Makanan ini seperti arem-arem yang populer di Jawa. 

Ulasan Jajan Bantal

Jajanan ini memiliki ciri khas dari bentuk maupun rasanya. Rasanya sangat nikmat ditambah jenis makanan ini dapat mengenyangkan. Karena bahan utamanya adalah nasi ketan. Biasanya menggunakan beras ketan putih tapi ada juga yang mencampurnya dengan beras ketan hitam untuk memberi warna dan tampak lebih menarik.

Berbeda dengan arem-arem, isiannya bukan daging atau sayuran melainkan pisang, kacang merah atau tanpa isian. Sehingga rasanya kaya dengan isian yang manis dan dibalut dengan ketannya yang gurih. Enak banget! Itulah kenapa jajanan satu ini sangat populer dan menjadi favorit.

Jajanan Bantal Ketan Hitam Dengan Isian Pisang Khas Medas, Lombok
Jajanan Bantal Ketan Hitam Isian Pisang
(dok.pribadi/ailunana)

Lokasi Beli Jajan Bantal di Lombok

Jajanan ini mudah ditemui di pasar-pasar Lombok. Nah, ada tempat pasti yang selalu menjual jajanan ini yaitu di sepanjang tepi jalan Medas menuju Pusuk. Karena Pusuk merupakan salah satu destinasi wisata dan juga jalur yang sering dilalui pengendara antara Gunung sari, Lombok Barat dan Pemenang, Lombok Utara. Jajanan ini biasanya digantung atau ditumpuk di sudut warung-warung kecil di tepi jalan.

Resep Jajan Bantal

Meski jajanan ini tergolong jenis berat, jajanan ini juga bisa dibuat di rumah tanpa harus repot-repot mencarinya, lho. Nah, ini ulasan bahan dan langkah-langkah membuatnya. Simak ya!

Bahan:
  • 600 gr beras ketan yang telah dicuci bersih
  • Parutan 1/2 buah kelapa
  • 2½ sdm gula
  • ½ sdm garam
  • 5 buah pisang atau 100 gr kacang merah untuk isian (sesuai selera)
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Tali plastik/rafia/bambu untuk mengikat
Langkah-langkah:
  1. Kukus beras ketan hingga empuk dan matang.
  2. Kukus isian jajan (pisang atau kacang merah) sampat matang dan empuk.
  3. Campurkan beras ketan yang telah dikukus dengan parutan kelapa, gula, dan garam.
  4. Adonan kue beras dibentuk/dilepet dalam bungkusan daun pisang dan di tengah adonan diisi dengan isian (pisang atau kacang merah).
  5. Setelah terisi, bungkus adonan seluruhnya dan diikat agar tidak tumpah.
  6. Kukus adonan yang telah terbungkus hingga matang.
  7. Setelah matang, angkat.
  8. Jajanan Bantal sudah siap disajikan.
-

Itulah resep membuat Jajan Bantal Khas Lombok. Meski mengolahnya agak ribet dan repot, tapi jika kalian membuat ini sendiri pasti tidak akan kecewa. Kenikmatan jajanan satu ini akan membayar kelelahan kalian! So, coba gih!