Olive: Ayam Goreng Krispi Terbaik dan Tersebar di Sudut Jogja

Contents [Click here]

Tak hanya nikmat, harganya sangat-sangat terjangkau!

Masyarakat Jogja dipastikan setidaknya pernah menyantap makanan satu ini, ayam goreng krispi. Ada satu usaha makanan di Jogja yang sangat terkenal dengan menu ayam goreng krispinya, Olive. 

Outlet ini digadang-gadang adalah ayam goreng KFC/McD versi jelata. Ya, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan kedua franchise terkenal tersebut. 

Menu satu ini menjadi salah satu menu populer bagi anak kos di Jogja. Bahkan bagi para mahasiswa yang telah merantau, menu satu ini paling berkesan dan menjadi oleh-oleh ketika mereka yang di luar Jogja.

Penampilan ayam goreng olive yang ditake away
Tampilan ayam goreng krispi olive yang ditake away
(dok. pribadi)

Outletnya ada di setiap sudut Jogja

Dilansir dari mojok.co, outlet olive telah berdiri sebanyak 115 cabang yang tersebar di Jogja, Solo, dan Kebumen. Olive bukanlah franchise melainkan outlet ayam goreng milik Kunardi Sastrawijaya dan Sri Rahayu. Persebaran outletnya paling banyak di Jogja dimana usaha ini dirintis sejak tahun 2011 silam. 

Persebaran Olive di Jogja
(sumber google maps)

Fasilitas di outletnya

Fasilitas di setiap outlet berbeda-beda. Namun standarnya, outlet ini menyediakan konsumen untuk makan di tempat (dine in) dan dibawa pulang (take away). Beberapa outlet dikhususkan untuk take away sehingga memudahkan pembeli. 

Penampakan salah satu cabang olive Jogja, Kalasan
(dok. pribadi)

Luas setiap outletnya berbeda-beda. Umumnya ada lahan parkir, area memesan, dan area makan. Di area makan akan ada meja dan kursi dengan beragam kondimen seperti saus dan sambal yang ada di atas meja. Selain itu di sudut area pasti terdapat wastafel.

Beberapa di antaranya ada juga outlet olive yang ramah anak. Di salah satu sudutnya menyediakan arena bermain bagi anak-anak. Tidak hanya fasilitasnya, layanannya memang tidak perlu diragukan lagi.

Fasilitas di franchise olive JogjaFasilitas di franchise olive Jogja
Area pemesanan dan makan di salah satu outlet olive di Kalasan (dok. pribadi)

Menu utamanya ayam goreng krispi

Olive terkenal dengan menu utamanya, ayam goreng krispi. Menu lainnya adalah ayam geprek, sphagetti, sup ayam, dan lain-lain. 

Konsumen bisa memilih bagian ayamnya. Ada paha sayap, paha bawah, dada, dada lembut, dan paha atas.

Selain itu, konsumen dapat memilih minumannya, Mulai dari teh, jeruk, air mineral, dan lain-lain.

Kulit ayam olive yang kriukKulit ayam olive yang kriuk
Tampilan ayam goreng yang super krispi di Olive (dok. pribadi)

Harganya terjangkau di kantung mahasiswa

Olive menawarkan beberapa paket dengan menu utamanya adalah ayam goreng krispi. Harganya sekitar 10K IDR - 20K IDR. Tentu saja dengan harga segitu sangat terjangkau bagi mahasiswa. Apalagi ditambah rasanya tak jauh berbeda dengan KFC atau McD. Ya kan? 

Bayangin deh saat dompet tipis tapi bisa makan KFC/MCD. Itulah kenapa olive menjadi salah satu pilihan di saat kantung mahasiswa mulai menipis.

-

Nah, gimana menurut kalian? Rasanya yang nikmat dengan harga super terjangkau. Olive bisa menjadi pilihan kulinermu saat di Jogja. Atau, kalian yang hendak datang ke Jogja, jangan sampai tidak mencoba kuliner ini ya! Bisa juga jadi oleh-oleh dan menu saat kalian berpergian!

So, tunggu apalagi? Coba gih!