Sate Ayam Khas Lombok: Street Food Murah Meriah dan Populer di Lombok

Contents [Click here]

Harga satu tusuknya hanya seribu!

Lombok memiliki beragam jenis kuliner yang tidak diragukan lagi kenikmatannya. Di antara kulinernya yang populer, Lombok dikenal dengan sate khasnya. Mulai dari sate bulayak, sate pusut, sate ikan tanjung, sate rembiga dan sate pencok. Namun di antara sate-sate tersebut ada sate ayam.

Sate ayam khas Lombok ini umum ditemukan di pinggir jalan. Di Lombok Barat, biasanya dijual bersama hidangan lain seperti pelecing, urap, bihun sambal pelecing, dan lain-lain. Terkadang ada juga yang menjualnya keliling di antara siang sampai menjelang malam. 

Sate ayam khas Lombok harga seribuan
Sate khas Lombok
(dok. pribadi/ailunana)

Khususnya di Gunung Sari, penjual sate ini bisa ditemukan di:

  • Bagian depan sisi timur kantor puskesmas lama Gunung Sari pada siang hari
  • Bagian depan sisi utara pasar lama Gunung Sari pada saat sore hari

Stan Sate Ayam Khas Lombok di depan pasar lama Gunung Sari
Stan Sate Ayam Khas Lombok di depan pasar lama Gunung Sari
(dok. pribadi/ailunana)

Berbeda dari lainnya, sate ini menggunakan bahan daging ayam dan jeroannya seperti usus, ampela ati, dan kulit. Selain itu, sate ini seperti gabungan sate rembiga dengan sate bulayak. 

Sebelum dibakar, sate-sate ini sudah dimarinasi dan dimasak dengan bumbu-bumbu rempah. Sehingga rasa rempahnya meresap ke dalam bahannya. Kemudian setelah dibakar, sate tersebut akan disiram dengan sedikit kuah bumbu yang kental kemerahan. 

Hal lain menarik dari sate ini adalah harganya yang super terjangkau! Per-tusuk satenya hanya dihargai Rp.1000,-. Kecuali untuk yang daging ayam dihargai Rp.2000,-/tusuk. 

Meski tidak selalu ada di sudut Lombok, makanan ini sangat direkomendasikan untuk diburu dengan harga dan rasanya yang mantap! So, coba gih!