6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Lereng Rinjani, Sembalun, Lombok Timur

Contents [Click here]

 Destinasi Wisata Lereng Rinjani yang Memanjakan Mata

Lombok sangat erat kaitannya dengan wisata pantainya seolah menjadi Bali kedua bagi para pengunjung luar. Tapi jangan salah, Lombok juga terkenal dengan pemandangan alamnya. Khususnya lereng Gunung Rinjani, gunung tertinggi ketiga di Indonesia. 

Tidak hanya menyandang sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia, Gunung Rinjani dan sekitarnya telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Rinjani. Nah, salah satu penetapan ini untuk melestarikan alam kawasan Gunung Rinjani. Tentu saja termasuk alamnya yang masih asri dan indah, salah satu daerahnya adalah Sembalun.

Sembalun merupakan salah satu pintu gerbang lereng Gunung Rinjani sisi selatan. Oleh karena itu, Sembalun pasti terdengar familiar oleh para pendaki. Tidak hanya tentang mendaki, lereng selatan Gunung Rinjani ini menjadi langganan para pengunjung untuk menikmati alam dan pemandangannya.

Nah, berikut ini ada beberapa destinasi wisata di Sembalun yang populer dan wajib untuk dikunjungi! Simak gih!

Bukit Selong

Bukit Selong adalah salah satu bukit yang paling laris didatangi para pengunjung. Karena tak ayal, bukit ini menyuguhkan pemandangan ladang kebun milik warga yang berwarna-warni. Akses bukit ini tidak sulit kok. Sangat direkomendasikan dikunjungi saat kalian datang ke Sembalun!

Pemandangan dari Bukit Selong

Savana Dandaun

Savana Dandaun merupakan salah satu savana yang sering didatangi para pengunjung. Medannya tergolong sedang karena ada bebatuan dan agak curam untuk mencapai savananya. Meski begitu dengan persiapan yang cukup, savana ini dapat dijangkau dengan mudah kok. Selain itu, savana ini juga sering menjadi lokasi perkemahan. 

Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun ini berupa lahan kosong yang berada di puncak bukit. Dari puncaknya, pengunjung bisa melihat pemandangan alam Sembalun yang sangat cantik. Tak hanya itu, di sekitarnya terdapat hewan liar seperti monyet. 

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam kuliner yang tersedia. Lahan parkirnya tersedia di sisi jalan. Baik untuk parkiran motor hingga mobil bahkan elf. 

Savana Propok Sembalun

Selain Savana Dandaun, ada juga Savana Propok Sembalun yang sering menjadi destinasi saat berkunjung ke Sembalun. Umumnya pengunjung datang untuk mendaki dan berkemah. Medannya tergolong mudah sehingga cocok untuk pemula. Namun tetap harus menjaga keselamatan ya. Di area savana ini terdapat beberapa titik mata air sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika kehabisan air. 

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan tak jauh berbeda dengan Bukit Selong. Puncak bukit ini menyuguhkan pemandangan lembah dari ladang pertanian milik warga sekitar. Selain itu juga menyuguhkan pemandangan Gnung Rinjani. 

Bukit ini juga sering menjadi destinasi para pendaki untuk berkemah. Medannya tergolong sedang. Tentu harus berhati-hati ya. Namun, bayarannya akan setimpal dengan suguhan pemandangannya di puncak bukit ini. Puncak bukit ini mencapai 1.806 mdpl.

Desa Beleq

Desa Beleq merupakan salah satu warisan budaya asli Suku Sasak asli  berupa pemukiman. Pemukiman ini terdiri dari deretan beberapa bangunan rumah yang masih berdiri utuh dan beberapa sudah tidak utuh. Hal yang menarik dari bangunan ini adalah seluruh bahan material bangunan rumahnya menggunakan bahan-bahan alami dari batu, kayu, bambu, dan jerami. 

Rumah Asli Suku Sasak di Desa Beleq Tampak Depan dan Tampak SampingRumah Asli Suku Sasak di Desa Beleq Tampak Depan dan Tampak Samping
Rumah Asli Suku Sasak di Desa Beleq Tampak Depan dan Tampak Samping

-

Itulah 7 destinasi wisata yang bisa kalian pilih saat berkunjung ke Sembalun, Lombok Timur!