Bukit Selong di Lawangan Sembalun, Pemandangan Alamnya yang Memikat dan Mempesona!

Contents [Click here]

Pemandangan Sawah Tercantik di Lereng Gunung Rinjani

Sembalun merupakan salah satu daerah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Kawasan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur. Tentu saja karena letaknya di lereng Gunung Rinjani pasti menyuguhkan pemandangan alam yang fantastis. Oleh karena itu di Sembalun memiliki beberapa spot yang menjanjikan pemandangan yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Bukit Selong.

Pemandangan Bukit Selong Sembalun

Salah satu wisata yang bisa dikunjungi saat berkunjung di Sembalun adalah Puncak Bukit Selong. Puncak bukit ini menawarkan pemandangan yang tak biasa. Karena tak banyak tempat yang akan menyuguhkan pemandangan semenakjubkan ini. 

Berada di Lereng Gunung Rinjani 

Bukit Selong berada di Sembalun Lawang tepatnya sebuah bukit yang berada di atas Desa Beleq. Puncak bukit ini merupakan salah satu sisi dari Sembalun Lawang. 

Bukit ini mudah dijangkau dari jalan raya meski medannya harus melewati jalan pemukiman yang agak sempit dan juga melewati perkebunan bambu. 

Jalanan menuju Bukit Selong Sembalun

Pemandangan menuju Bukit Sembalun

Untuk mencapai ke bukit ini, kalian hanya perlu memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang telah disediakan yaitu di dekat Desa Beleq. Kemudian pengunjung tinggal mendaki untuk sampai ke puncak bukitnya.

Tangga menuju Bukit Sembalun

Suguhan Pemandangan Bukit Selong

Di sisi utarannya terhampar ladang pertanian milik warga dengan gradiasi warna-warni yang memanjakan mata. Apalagi ditambah dengan latar pegunungan yaitu Gunung Pergasingan di belakangnya.

Pemandangan dari Bukit Selong
Pemandangan dari Bukit Selong

Selain Bukit Selong juga ada Bukit Tangkok yang tak jauh dari Bukit Selong. Bukit ini juga memiliki pemandangan yang hampir serupa hanya berbeda ketinggian dan fasilitasnya.

Pintu Masuk Bukit Tangkok Sembalun

Tips Berkunjung ke Bukit Selong

Saat berkunjung ke sini sebaiknya saat matahari terbenam atau matahari terbit. Karena cuacanya tidak terlalu panas dan biasanya pengunjungnya sedikit sehingga pengunjung bisa lebih leluasa. Apalagi bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar. Selain itu, waktu ini pencahaannya akan pas karena bisa menerangi seluruh pemandangan. 

-