Kantung Lahar Merapi, Dam Sabo Bronggang: Titik Peristirahatan Pesepeda di Sudut Cangkringan

Contents [Click here]

Sabo Bronggang merupakan sebuah dam untuk aliran Sungai Kali Gendol. Kali Gendol merupakan salah satu dari 3 sungai yang sering menjadi langganan banjir lahar hujan dari Merapi. Oleh karena itu, Dam ini berfungsi sebagai kantong lahar yang mencegah luapan aliran lahar Gunung Merapi saat puncak Merapi diguyur hujan lebat dalam jangka waktu yang lama.

Para Pesepeda yang mengambil gambar di Tugu Kantung Lahar

Tidak hanya itu, Sabo Bronggang sering menjadi destinasi peristirahatan para pesepeda di jalur Cangkringan khususnya di akhir pekan terutama hari minggu. Monumen dam ini ditandai dengan sebuah Kantung Lahar berupa batu besar. Monumen ini berada di tengah jalan.

📍 Tugu Kantung Lahar di Sabo Bronggang, Suruh, Desa Argomulyo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Para Pesepeda sedang menikmati suguhan makanan di Angkringan Bu Heru

Alasan tempat ini sering menjadi destinasi peristirahatan para pesepeda adalah karena dari sini dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dengan jelas dengan pemandangan alam sekitarnya. Atmosfernya menekan kesan pedesaan yang masih sangat asri dan alami. 

Selain itu, pesepeda akan ditawarkan beragam kuliner khas pedesaan di sekitarnya. Mulai dari soto,  jajanan pasar, hingga angkringan. Jadi tak  ayal jika akan banyak pesepeda yang menikmati kuliner di area ini. 

Angkringan Watu Gede Mbah Makir di pinggir Sabo Bronggang

Sebenarnya bukan hanya pesepeda saja yang sering menikmati area ini. Namun sering kali warga sekitar dan pengunjung dari luar mengunjungi area ini untuk menikmati pemandangan dan kulinernya. Waktu yang paling tepat berkunjung adalah di pagi hari atau sore hari. Akhir pekan menjadi waktu yang paling ramai khususnya minggu pagi dan sore hari.

Jajanan Pasar di Sabo Bronggang di hari minggu pagi

Itulah ulasan tentang Sabo Bronggang yang sering menjadi destinasi wisata di area Cangkringan yang menjual view dan menawarkan beragam kuliner.