5 Destinasi Wisata Alas Purwo Populer Dikunjungi, Ngga Angker Melulu!

Contents [Click here]

Tak hanya angker, alas ini menjadi destinasi wisata

Alas Purwo adalah salah satu Taman Nasional Indonesia yang berada tepat di tenggara Pulau Jawa. Alas atau hutan dalam Bahasa Indonesianya, hutan ini terkenal dengan keangkerannya sejak dulu. Tak ayal ketika mengakui pergi ke sana, beberapa orang Jawa Timur selalu menasihati untuk berhati-hati karena rawan bagi para perempuan. 

Belum lagi taman nasional ini menjadi habitat konservasi hewan-hewan buas seperti harimau atau macan. Selain itu banyak hewan mamalia maupun beragam jenis burung yang dikonservasi di hutan tersebut. Hal itu untuk menjaga populasi mereka dan mencegah kepunahan yang mengancam jumlah mereka.

Meski terkenal angker dan berbahaya sebagai habitat konservasi hewan liar, kawasan ini menawarkan beragam pilihan wisata yang sering dikunjungi. Nah berikut ini adalah list pilihan wisata populer didatangi saat berkunjung ke Alas Purwo. Check this out!

Wisata Religi

Alas Purwo memiliki banyak pura yang sering didatangi oleh umat Hindu untuk beribadah. Bahkan tak sedikit ketika di hari perayaan atau upacara tertentu, umat Hindu dari Bali datang beribadah di sini. Biasanya ada suatu kelompok umat Hindu menyeberang dari Bali langsung berlabuh ke Alas Purwo. Karena sering menjadi tempat ibadah dan meski berada di tengah hutan, pura-pura di Alas Purwo sangat terawat dan terjaga dengan baik. 

Tak hanya umat hindu, ada juga orang bahkan sekelompok datang ke Alas Purwo untuk menjalani ritual. Biasanya mereka adalah penganut kejawen yang melakukan semedi atau bertapa di area Alas Purwo khususnya di gua-guanya.

Wisata Pantai

Letak Kawasan Alas Purwo ini berada di tepi tenggara Pulau Jawa. Tentu saja tepi pesisirnya memiliki banyak pantai yang apik. Apalagi di akhir pekan, pantai ini sangat ramai. 

Beberapa pantai sangat direkomendasikan untuk surving seperti Pantai Plengkung. Bahkan pantai ini terkenal dan masuk dalam 7 tempat surfing terbaik di dunia. 

Selain Pantai Pelengkung juga ada Pantai Pancur, Pantai Trianggulasi, Pantai Ngagelan, Pantai Cungur, dan Pantai Teluk Biru. Beberapa pantai tersebut ada yang masih sepi dan jarang dikunjungi sehingga masih asri dan alami. Apalagi pantainya berpasir putih dengan air jernih yang memperlihatkan dasar pantai. 

Wisata Savana

Salah satu wisata yang paling populer dikunjungi saat ke Alas Purwo adalah Padang Savana Sadengan. Di sini pengunjung dapat menyaksikan beragam hewan liar di habitat aslinya. 

Pengelola Taman Nasional Alas Purwo menyediakan feeding ground khususnya untuk mamalia besar. Mulai dari Banteng, Rusa, Kijang, Babi Hutan, Ajag maupun jenis burung seperti Merak Hijau dan Jalak Putih. 

Fasilitas di area ini juga cukup memadai untuk para pengunjung yang berwisata di area ini. 

Wisata Gua 

Wisata gua di Alas Purwo adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang lokal. Umumnya gua-gua yang ada di Alas Purwo ini digunakan untuk bersemedi atau bertapa. Masyarakat lokal menyebut orang-orang yang melakukan pertapaan di goa tersebut adalah lelono. Di antaranya ada yang sedang semedi untuk menenangkan diri dan ada juga yang mencari wangsit (pusaka). 

Beberap gua yang paling sering dikunjungi adalah Gua Istana, Gua Mayangkoro, dan Gua Padepokan. Sebenarnya masih ada gua-gua lain tapi yang paling dekat dengan pos penjagaan (pos pancor) dan basecamp adalah ketiga gua tersebut. 

Selain untuk semedi atau bertapa, gua ini juga sering kali menjadi sasaran objek penelitian. Banyak hal yang bisa diteliti, salah satunya adalah penelitian arkeologi maupun antropologi mengingat fenomena semedi atau bertapa ini sangat populer bagi masyarakat lokal.

Wisata Hutan 

Taman Nasional Alas Purwo memiliki beragam vegetasi yang khas. Mulai dari vegetasi bambu, vegetasi pantai, hutan mangrove, savana dan hutan alam. Umumnya saat perjalanan memasuki area Alas Purwo dari gapura depan, pengunjung akan menikmati pemandangan beragam hutan mulai hutan pohon jati, pohon mahoni dan sebagainya. Hutan tanaman tersebut di antaranya bekas tanaman milik perhutani dan kini menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo.

-

Itulah 5 ulasan wisata yang bisa kalian lakukan di Alas Purwo. So, tunggu apalagi? Have fun ya!