5 Air Terjun Memikat di Desa Aik Berik Pintu Masuk Geopark Gunung Rinjani, Wajib Ke Sini!

Contents [Click here]

Desa Aik Berik merupakan salah satu desa yang berada tepat di lereng Taman Nasional Gunung Rinjani. Secara administratif, desa ini terletak di  Kecamatan Batu Klian Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa ini imenjadi salah satu pintu masuk pendakian ke Gunung Rinjani dari selatan. Jalur ini terkenal karena pemandangannya yang memikat para pendaki.

Tidak hanya terkenal sebagai jalur pendakian, desa ini juga menawarkan wisata alam yang mempesona. Salah satunya adalah air terjun. Karena berada di kaki Gunung Rinjani maka tak ayal akan banyak menemukan sumber air di desa ini.

Nah, berikut ini adalah air terjun yang berada di Desa Aik Berik. Simak ya!

Air Terjun Benang Stokel 

🎫 Rp.5.000,-/orang (termasuk Air Terjun Benang Kelambu)

Ait terjun ini termasuk dalam kawasan yang sama dengan Air Terjun Benang Kelambu. Oleh karena itu parkir kendaraan dan tiket masuknya disatukan. 

Air Terjun Benang Stokel letaknya lebih dekat dari pintu masuk dibandingkan Air Terjun Benang Kelambu. Medan jalannya tidak begitu sulit.

Air terjunnya ada dua dan pengunjung dapat berenang di bawah pancurannya. Namun pengunjung hanya boleh berenang pada saat debit airnya tidak deras. Di sekitar area air terjun masih asri dan alami sehingga pengunjung sangat nyaman di tempat ini. Meski begitu ada hewan liar yang perlu diwaspadai yaitu monyet liar. Hewan-hewan ini sering mencuri barang hingga makanan para pengunjung.

Air Terjun Benang Kelambu 

🎫 Rp.5.000,-/orang (termasuk Air Terjun Benang Stokel)  

Untuk mencapai air terjun ini akan melewati Air Terjun Benang Stokel. Medannya cukup jauh, bagi pengunjung yang tidak terbiasa berjalan jauh akan kelelahan. Karena harus menuruni dan menaiki banyak anak tangga. Meski begitu, pengunjung akan ditemani dengan pemandangan hutan yang alami dan asri sepanjang jalan.

Bagi pengunjung yang sekiranya tidak mampu berjalan jauh, pengelola juga menyediakan ojek motor yang disediakan oleh warga lokal. Harganya sekitar Rp.15.000,- s/d Rp.25.000,- untuk sekali pengantaran. Sementara untuk pulang pergi juga ditawarkan dengan harga sekitar Rp.35.000,-.

Menurut pengunjung, air terjun ini lebih cantik dibandingkan air terjun benang stokel. Di sini terdapat kolam dari air terjun. Saking indahnya, destinasi wisata ini tidak hanya menarik pengunjung lokal tapi juga mancanegara.

Di area Air Terjun Benang Kelambu ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata yang memadai. Jadi tak perlu khawatir ketika hendak kemari.

Air Terjun Sesere

📍 Air Terjun Sesere

Air terjun terletak tidak jauh dari Air Terjun Keliwun. Medan jalannya adalah jalan setapak melewati pepohonan. 

Air terjun ini memang tidak sepopuler Air Terjun Benang Stokel atau Air Terjun Benang Kelambu. Air terjunnya memang bukan yang berukuran dan skala besar tapi debit airnya cukup deras. Jadi pengunjungnya tidak terlalu ramai. Tentu destinasi wisata ini sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang tidak terlalu suka keramaian.

Air Terjun Keliwun

 📍 Air Terjun Keliwun

 Air terjun ini berada di antara Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini memang tersembunyi dan memang tidak ramai dikunjungi. Air terjun ini tidak berbeda dengan dengan Air Terjun Sesere.

Air Terjun Gunung Janggot

🎫 Rp.5.000,-/orang

Air terjun Gunung Janggot ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Debit airnya cukup deras ditambah dengan curug yang berada di sekitar dengan air terjun. Sehingga atmosfer area terjun ini terasa sangat asri dan alami.

Fasilitas di sini cukup memadai mulai dari parkiran hingga toilet. Tidak jauh dari air terjun ini juga tersedia area outbound dan camping ground.

-