Pantai Setrojenar, Beragam Atraksi Wisata yang Lengkap dan Memanjakan Pengunjung!

Contents [Click here]

Pantai Pasir Hitam yang Ramai Dikunjungi Tiap Akhir Pekan!

Kebumen merupakan salah satu daerah yang berada di pesisir selatan Jawa Tengah. Karena berada di pesisir, tentu daerah memiliki banyak pantai. Salah satu pantai yang terkenal di pesisir selatan Kebumen adalah Pantai Setrojenar. Pantai ini berada di Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

📍 Pantai Setrojenar

Tepi Pantai SetrojenarTepi Pantai Setrojenar
Tepi Pantai Setrojenar

Tanda jalan masuk ke Pantai Setrojenar ini adalah Masjid Baitul Makmur. Masjid ini berada di persimpangan sebelah barat jalan masuk pantai. Ciri khas masjid ini berwarna cokelat jadi tak sulit untuk menemukan jalan masuk pantai ini.

Masjid Baitul Makmur

Salah satu kelebihan Pantai Setrojenar menjadi destinasi wisata adalah karena tiket retribusinya. Biaya masuknya hanya membayar parkir, tak ada pembayaran retribusi per kepala yang masuk. Biaya untuk motor adalah Rp.3.000,- sementara mobil adalah Rp.5.000,-. 

Jadi hanya bermodal membayar tiket kendaraan, pengunjung sudah bisa masuk ke area pantai dan bisa memilih beragam atraksi wisata sesuai minat.

Nah, berikut ini adalah pilihan atraksi wisata yang ditawarkan Pantai Setrojenar. Simak ya!

Wisata Renang Air di Area Pantai

 Pantai Setrojenar merupakan pantai selatan dengan ombak yang kuat dan angin kencang. Jadi tidak disarankan untuk berenang di area pantai ini. Jadi pengunjung lebih sering melihat perahu nelayan yang sering mondar mandi di pantai.

Meski begitu, pengunjung tidak perlu khawatir yang ingin berenang. Di pantai ini ada kolam renang Tirto Tawi. Kolamnya cukup luas dan sangat cocok bagi anak-anak. 


Kolam Renang Pantai Setrojenar

Pengelolanya menyediakan persewaan ban mulai dari ban hitan biasa hingga pelampung beragam bentuk. Jangan khawatir, kolam ini diberi atap sehingga pengunjung tidak akan kepanasan. Di beberapa sudut kolam terdapat pancuran. Sementara bagi para penunggu, bisa duduk di bangku yang disediakan di tepi kolam.

Kolam Renang Pantai SetrojenarKolam Renang Pantai Setrojenar
Kolam Renang Pantai Setrojenar

Wisata Naik Kuda Hingga ATV

Bagi para pengunjung Pantai Setrojenar, pengelola juga menyediakan jasa kendaraan ATV maupun menaiki kuda. Kalian bisa mengelilingi tepi pantai dengan salah satunya. Menarik bukan?

Persewaan Kuda dan motor ATV di Pantai Setrojenar

Beragam Wisata Kuliner yang Tersedia

Salah satu kenyamanan para pengunjung di pantai ini adalah wisata kulinernya. Memasuki area pantai, para pengunjung akan melihat jejeran warung makanan yang tertata rapi. 

Warung-warung di Pantai SetrojenarWarung-warung di Pantai Setrojenar
Warung-warung di Pantai Setrojenar

Tak hanya duduk di kursi, beberapa warung juga menyediakan karpet bagi para pengunjung yang ingin duduk lesehan sembari menikmati pemandangan pantai dengan angin sepoi-sepoi. Wah, ini benar-benar memanjakan pengunjung!

Warung-warung di Pantai SetrojenarWarung-warung di Pantai Setrojenar
Warung-warung di Pantai Setrojenar

Menu yang ditawarkan setiap warung hampir sama dan tentu beragam. Mulai dari makanan dan minuman instan hingga kuliner khas tradisional Kebumen. 

Kuliner khasnya merupakan olahan hasil laut nelayan sekitar. Seperti peyek atau gorengan undur-undur dan udang. Selain itu juga ada mendoan khas makanan Jawa pesisir selatan dengan ukuran besar dan dijamin mantap!

Menyantap Pecel di Pantai SetrojenarMenyantap Pecel di Pantai Setrojenar
Menyantap Pecel dan lontong di Pantai Setrojenar


Peyek UdangPeyek
Peyek Udang

Undur-Undur GorengUndur-Undur Goreng
Undur-Undur Goreng

Bermain Layangan di Tepi Pantai

Pengunjung anak-anak tidak hanya mengandalkan kolam renang Pantai Seteojenar tapi ada juga layangan.  Angin yang kencang dengan lahan yang luas, sangat cocok untuk bermain layangan di sini. 

Tak perlu khawatir, pengelola juga menjual layangan yang bisa dipilih. Bentuk dan warnanya pun beragam.  Pastinya main layangan di pantai ini sangat asik!

Bermain Layangan di Pantai Setrojenar

Tak Hanya Makanan, Ada Beragam Dagangan Hingga Suvernir

 Area makanan berada di sisi selatan sementara dagangan lain ada di sisi utara, dekat dengan lahan parkir. Ada beragam dagangan yang dijual di sini. Mulai dari pakaian hingga suvernir. Rasanya seperti di pasar malam tapi ini di pasar area pantai. Wah, apa aja ada!

Toko-Toko di Area Pantai Setrojenar

Fasilitas Bagi Pengunjung yang Memadai

Pantai Setrojenar ini menyediakan beragam fasilitas yang sangat memadai di antaranya adalah mushalla, toilet, dan lahan parkir. Lahan parkirnya sangat luas. Untuk parkir kendaraan dua disediakan atap.

Biasanya pengunjung yang datang atau pulang di siang atau sore hari beribadah di Masjid Baitul Makmur. Masjid ini berada di persimpangan jalan masuk pantai. 

Lahan Parkir Kendaraan Roda DuaLahan Parkir Mobil Hingga Bis
Lahan Parkir untuk motor, mobil, hingga bus

Pengunjung Menikmati Pemandangan Pantai Setrojenar

Para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Pantai Setrojenar bisa duduk di bawah payung beralas tikar yang telah disediakan. Pengunjung bisa memesan makanan dari warung yang berada di tepi pantai. Sambil menyantap makanan ditambah angin sepoi-sepoi dijamin membuat pengunjung sangat nyaman berada di sini.

Wisatawan duduk memandangi Pantai SetrojenarWisatawan duduk memandangi Pantai Setrojenar
Wisatawan duduk memandangi Pantai Setrojenar

-

Itulah ulasan tentang Pantai Setrojenar yang menjadi destinasi pilihan terbaik di pesisir selatan Kebumen. Sangat cocok dikunjungi saat akhir pekan! Selamat bersenang-senang!