Pantai Kolo, Pantai Eksotis yang Menarik Pengunjung Bima di Tiap Akhir Pekan

Contents [Click here]

Pantai Eksotis yang menjadi Favorit Wisata Masyarakat Bima di Akhir Pekan

Bima merupakan sebuah daerah yang berada di timur Pulau Sumbawa dan menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bima dikenal sebagai Kota Tepian Air. Karena secara geografis, pusat kotanya berada di tepi Teluk Bima. Maka tak ayal Bima memiliki banyak pantai dan di antaranya menjadi destinasi favorit wisatawan. 

Salah satu pantai yang sering menjadi favorit destinasi wisata di Bima adalah Pantai Kolo. Pantai ini berada di sisi utara Kota Bima dan menjadi favorit destinasi wisata. Baik wisatawan dari kota maupun Kabupaten Kota Bima.

Nah, berikut ini ulasan seputar Pantai Kolo. Simak ya!

Akses ke Pantainya yang Mudah dan Tak Jauh dari Kota Bima

Pantai Kolo berada di sisi timur Teluk Bima dan berada di sisi utara Kota Bima. Akses ke Pantai Kolo cukup mudah karena hanya ada satu jalan utama yang mengarah ke sana. Medannya cukup banyak tanjakan dan turunan yang meliuk. Sehingga perlu berhati-hati untuk melewati jalan ini. Namun jangan khawatir jalannya sudah diaspal jadi jalannya cukup mulus meski pada beberapa titik ada yang berlubang.

Menyuguhkan Pemandangan Pintu Teluk dan Laut Flores

Pantai Kolo tepat berada di dekat perbatasan pintu Teluk Bima dan laut lepas yaitu Laut Flores. Pemandangan jejeran perbukitan dengan hamparan laut memanjakan pemandangan. Apalagi ditambah jajaran perahu dan kapal di tepi pantai yang menambah pemandangannya semakin mempesona.

Para pengunjung juga bisa melakukan tur menggunakan perahu. Tur ini akan menjelajahi kawasan Teluk Bima yang bisa dipilih seperti Pulau Kambing. Umumnya penyedia jasa ini adalah warga sekitar dan letaknya di dermaga yang berada di Desa Kolo.

Memiliki Fasilitas Wisata yang Menunjang

Pantai Kolo menjadi salah satu pantai yang sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan. Bukan hanya karena pemandangan pantai dan alam sekitarnya mempesona. Namun sepanjang tepi pantai ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang wisata yang sangat memanjakan wisatawan. 

Di sepanjang pantai disediakan gazebo yang berderet. Kemudian ada dermaga yang menjorok ke tengah pantai. Jangan khawatir masalah kamar mandi pun tersedia meski jaraknya agak jauh. Di sekitar area pantai juga tersedia beberapa penginapan. Harga dan fasilitasnya berbeda-beda sesuai dengan selera pengunjung. Jadi bagi para pengunjung yang ingin menikmati malam di tepi Teluk Bima, tempat ini sangat direkomendasikan.

Dermaga yang berada di salah satu sudut Pantai Kolo
Dermaga yang berada di salah satu sudut Pantai Kolo

Beragam Pilihan Kuliner dengan Harga Terjangkau

Di sepanjang pantai ini terdapat beragam kuliner yang bisa dipilih. Mulai dari makanan berat hingga cemilan ada di sini. Ada banyak warung-warung yang menjual ikan bakar hasil tangkapan nelayan sekitar sehingga rasanya sangat segar. Selain itu juga ada msksnsn lain seperti bakso ikan. Tidak hanya makanan, bahkan minuman es kelapa juga banyak yang menjualnya. Jadi tak ayal jika pengunjung sering datang ke tempat ini juga karena kulinernya.

Kuliner Bakso Ikan di Pinggir Pantai Kolo
Kuliner Bakso Ikan di Pinggir Pantai Kolo

Destinasi Wisata Favorit Piknik Keluarga

Pada akhir pekan Pantai Kolo menjadi salah satu destinasi favorit yang ramai dikunjungi oleh banyak keluarga. Mereka datang berramai-ramai dengan mobil bahkan ada yang menggunakan mobil pick up untuk mengangkut seluruh keluarganya.

Di sana mereka biasanya piknik dengan menggelar tikar sambil menyiapkan hidangan untuk dimakan bersama-sama. Paling sering mereka membakar ikan atau ayam selayaknya masyarakat Bima pada umumnya. Sementara anak-anak akan bersenang-senang di pinggir pantai sambil berenang.

-

Itulah ulasan tentang Pantai Kolo meski tak berpasir putih pemandangan pantainya eksotis. So, kalian yang sedang berada di Bima langsung aja ke sini ya! Selamat bersenang-senang!