"Umbul Sidomulyo Kalasan", Hidden Gem Pemandian Air Alami di Jogja!

Contents [Click here]

Umbul dalam Bahasa Jawa berarti mata air. Umbul sudah sangat melekat dengan Klaten yang dicap sebagai kota 1000 umbul. Banyak pengunjung dari luar daerah berbondong-bondong datang ke Klaten untuk menikmati umbulnya. 

Kolam Buatan Rasa Alami di Umbul Sidomulyo Kalasan
Kolam Buatan Rasa Alami di Umbul Sidomulyo Kalasan

Termasuk warga Jogja, tetangga Klaten, yang datang ke umbul-umbul di Klaten untuk menikmati wisata air yang asri dan alami. Jauh berbeda dengan kolam-kolam yang umumnya berkaporit. 

Umbul yang terkenal di antaranya adalah Umbul Ponggok. Umbul ini memang terkenal dan selalu menjadi destinasi para penikmat wisatawan air bahkan penyelam. Karena pengunjung bisa berenang bersama ikan! Seru ya! 

Umbul Sidomulyo Kalasan
Umbul Sidomulyo Kalasan

Sayangnya masalah jarak Jogja-Klaten tergolong jauh sehingga untuk ke umbul-umbulnya cukup memakan banyak waktu perjalanan. 

Eits, asal tau aja ya Jogja punya umbul juga lho! Nama umbulnya adalah Umbul Sidomulyo

Loket Tiket Masuk Umbul Sidomulyo Kalasan
Loket Tiket Masuk Umbul Sidomulyo Kalasan

Agak Belusuk, Dijamin Asik dan Senang!

📍 Umbul Sidomulyo Kalasan di Tirtomartani, Kalasan, Sleman

📅 Setiap hari (kecuali jumat dan selasa)

⏲️ 6.30 am - 5 pm

Sebenarnya jalan menuju ke lokasi wisata ini mudah. Hanya saja jalur medannya sempit untuk dua mobil. Jadi disarankan datang pakai kendaraan roda dua. Namun pakai mobil juga ga perlu jadi alasan untuk cancel ke sini. Jalurnya tetap bisa dilalui dengan mobil kok plus tenang aja ada parkirannya!

Kolam-kolam di Umbul Sidomulyo

🎟️ 🛵 (Rp.3.000,-) 🚗 (Rp. 5.000,-)
🎫 HTM Rp. 8.000/orang (weekend) / Rp.5.000/orang (weekdays)

Tiket masuk (berenang atau tidak berenang) harus tetap bayar ya. Pembayarannya sekaligus dengan karcis parkir. Pemilik kendaraan tak perlu khawatir, pengelolanya menjaga dan mengatur kendaraan kalian. Pokoknya dijamin aman!

Karcis Parkir & Tiket Masuk (Weekend)
Tiket Masuk (Weekdays)

Tersedia 4 Kolam, Tersedia Untuk Segala Umur!

Umbul Sidomulyo ini memiliki 4 kolam. Ada 2 kolam renang dengan kedalaman 60-70 cm. Salah satu kolamnya ada area bermain airnya seperti perosotan. 

Sementara 2 kolam lain diperuntukkan orang dewasa atau yang bisa berenang. Dari 2 kolam tersebut ada yang alami (bagian dinding dan tangga menggunakan cor). Sedangkan kolam satunya berdinding keramik. 

Kolam-kolam untuk orang dewasa
Kolam-kolam untuk anak-anak (60-70 cm)
Kolam dewasa yang berkeramik

Fasilitas yang Memadai dan Asik!

Para orang tua atau yang tidak berenang disediakan tempat untuk menunggu dan berteduh. Apalagi ditambah bisa menikmati sungai di sebelahnya. Bahkan pengunjung juga bisa sekaligus piknik keluarga. Asik bukan?!

Area untuk para pengunjung yang menunggu

Habis berenang memang paling enak makan mie. Nah, tak perlu khawatir di sini ada beberapa warung. Mereka menjual beragam makanan. Harga makanannya memang tergolong mahal. Ya maklum saja tempat wisata. Jadi bagi yang mau membatasi pengeluaran, kalian bisa bawa makan sendiri aja!

Pengunjung tidak perlu khawatir masalah kamar mandi/kamar bilasnya ada banyak. Jadi tak perlu khawatir sampai mengantri. 

Sungai di sebelah kawasan umbul

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan sungai yang alami. Namun sayang pinggir tempat duduk bagi pengunjung ini tidak ada pembatas pagar. Jadi sangat berbahaya bagi anak kecil.

-

Nah, sekarang orang Jogja ga perlu jauh-jauh ke luar kota bahkan provinsi kalau di Kalasan, tepi provinsi DIY punya umbul!