5 Spot Berkemah di Kaliurang Lereng Selatan Gunung Merapi, Adem & Asik Parah!

Contents [Click here]

Berkemah di Alam dengan Latar Gunung Merapi yang Cantik

Berkemah adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang. Umumnya hal ini dilakukan saat di akhir pekan saat liburan. Entah bersama teman-teman, keluarga, bahkan sendirian. Pilihan lokasi berkemah juga beragam mulai di hutan, pantai hingga gunung. 

Salah satu lokasi berkemah yang menjadi favorit dipilih para pekemah adalah gunung. Hal ini karena biasanya mereka ingin merasakan atmosfer alam yang segar dan menenangkan. Selain itu, gunung menjadi destinasi mereka untuk mencapai puncaknya. 

Salah satu gunung yang terjangkau bagi masyarakat D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah sekitarnya adalah Gunung Merapi. Meski tidak semua orang yang datang berkemah di lereng dan sekitar gunung ini datang untuk mendaki hingga puncak. Melainkan hanya sekedar menikmati atmosfer alam Gunung Merapi dengan berkemah di sekitar area lereng Gunung Merapi. Pastinya juga pemandangan alam yang sangat memanjakan pandangan para pekemah yang rata-rata suntuk dengan kota maupun yang merindukan suasana alam. 

Nah berikut ini adalah beberapa spot rekomendasi berkemah di Lereng Merapi. Simak ya!

Nawang Jagad

📍   Nawang Jagad di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
🎫 HTM Rp.15.000,-
📅 Setiap Hari (Weekdays tutup pada 16.00 WIB)

Pembelian tiket masuk untuk masuk Nawang Jagad sudah termasuk dengan air kemasan dan snack seperti gorengan. Fasilitas destinasi wisata ini pun telah memadai. Mulai dari toilet, kantin, mushalla, dan lahan parkir yang luas. Selain itu pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas bangku-bangku, bean bag hingga hammock yang disediakan pengelola.

Nawang Jagad memang menawarkan pemandangan alami yang mampu memanjakan pandangan pengunjung. Khususnya pemandangan  Gunung Merapi dan perbukitan hijau yang menawan. Belum lagi suasana alami dengan udara sejuk dan suhu agak dingin yang sangat cocok bagi orang-orang kota yang penat dengan polusi udara.

Tentu tidak hanya menawarkan pemandangan, di area ini pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas mulai dari menjajaki area sekitar, piknik, dan bahkan berkemah. Pengelola pun menyediakan tikar bagi pengunjung yang tidak mendapatkan bangku. 

Tips bagi pengunjung yang hendak ke sini, sebaiknya datang pada pagi hari atau sore hari. Namun di musim tertentu, pemandangannya kadang tertutup oleh kabut dan awan. Selain itu, pengunjung bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Karena variasi makanan dan minuman yang ada di kantinnya tidak terlalu beragam.

Lembah Ledok Sambi

📍 Ledok Sambi di Jl. Kaliurang Km 19, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
🎫 Free Entry (Kecuali Parkir)
📅 Setiap Hari

Lokasi Ledok Sambi memang agak terpelosok yang harus melewati pemukiman. Meski begitu, sesampai di lokasi dijamin akan sangat nyaman saat berkunjung ke sini. Bentuk lahannya berundak jadi perlu hati-hati ya. Lahannya sangat alami dan asri dengan sungai di dalam area dan rerumputan hujau dengan tambahan pepohonan di sekitarnya.

Ledok Sambi umumnya paling ramai dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi pada akhir pekan, lokasi ini sangat ramai. Banyak keluarga atau acara rekanan piknik di area ini. Sepanjang tepi sungai menjadi area yang sering digunakan untuk piknik. Pengunjung dapat menyewa tikar yang disediakan pengelola.

Di dalam area Ledok Sambi juga bisa untuk berkemah. Pengelola menyediakan persewaan tenda bagi pengunjung. Selain itu juga menjadi lokasi outbound. Salah satunya adalah flying fox.

Tak perlu khawatir fasilitas di Ledok Sambi memadai. Di sini menyediakan banyak warung yang menyuguhkan beragam makanan dan minuman dengan harga yang tergolong murah. Pengelola menyediakan toilet dengan jumlah yang cukup dan kebersihannya terjaga.

Bukit Klangon

📍 Bukit Klangon di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman
🎫 Free Entry & Parking
📅 Setiap Hari

Bukit Klangon mungkin akan terdengar familiar bagi para pesepeda gunung. Karena bentuk lahannya sangat cocok dengan medannya termasuk bagi pengendara cross country, downhill dan ednduro. Meski begitu, bukit ini masih bisa dijangkau dengan mobil dengan akses jalannya yang mudah.

Selain itu, Bukit Klangon sering menjadi langganan para pekemah karena ada area camping groundnya. Untuk berkemah di area ini pun tidak ribet hanya perlu menghubungi penanggung jawab tempatnya. Di area camping ground ini tidak ada pepohonan untuk berteduh jadi sering kali pekemah hanya berkemah semalam.

Jangan khawatir, area ini telah tersedia kamar mandi. Lahan parkirnya pun luas. Di area ini banyak pedagang yang menjual beragam kuliner. Agar pengunjung nyaman, pengelola telah menyediakan beberapa kursi.

Tips bagi pengunjung adalah datang pada pagi atau sore hari. Karena jika di siang hari, area ini akan panas dan pemandangannya biasanya tertutup kabut/awan. Namun khusus bagi pekemah sebaiknya harus datang lebih awal untuk mendapatkan tempat sesuai dengan keinginan.

Teras Merapi

📍 Teras Merapi di Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman
🎫 Rp.15.000,-/orang (untuk kemah)
📅 Setiap hari

Teras Merapi merupakan salah satu rekomendasi camping ground di lereng Gunung Merapi. Untuk mencapai ke lokasi, medannya tergolong tidak sulit baik untuk motor, mobil, bahkan bus. Lahan parkirnya cukup luas dan tak jauh dari area camping ground.

Lahan area perkemahannya cukup luas dengan atmosfer adem dari lereng Gunung Merapi. Jadi jangan khawatir untuk datang berkemah dengan jumlah besar. Namun sebaiknya untuk jumlah pengunjung yang banyak, sebaiknya reservasi dulu.

Pemandangan yang disuguhkan adalah pemandangan hamparan lampu-lampu kota Jogja di malam hari.Sementara di pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi.

Fasilitas perkemahannya pun sangat memadai bahkan sangat memanjakan pengunjung. Beberapa fasilitas perkemahan yang disediakan pengelolanya:

  1. Toiletnya ada banyak.
  2. Warung-warung yang buka 24jam menawarkan beragam makanan dan minuman dengan harga standar.  
  3. Tersedia colokan listrik.
  4. Sedia persewaan tenda dan perlengkapan lain.
  5. Mushalla. 
  6. Pondok untuk glamping.
  7. Wifi
Para pengunjung yang berkemah juga akan dimanjakan dengan beragam atraksi wisata yang tersedia. Mulai dari kolam renang, labirin, playground, kebun strawberry dan juga gazebo. Jadi bagi yang hanya ingin menikmati atmosfer lereng merapi dan tidak berkemah, area ini juga cocok untuk menjadi destinasi wisata.

Kaligriya Kaliurang 

📍 Kaligriya Kaliurang di Jalan Boyong, Kaliurang Barat RT01/RW17, Hargo Binangun, Pakem, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman
📅 Setiap hari

Kaligraya Kaliurang lebih terkenal sebagai tempat outbound dengan jumlah orang yang banyak. Karena pengelolaya menyediakan beragam fasilitas outdoor recreation & education, paintball, dan gathering. Bahkan ada juga high ropes course dan area off road.

Area Kaligrya Kaliurang ini tidak berbeda dengan camping ground lainnya yang menyuguhkan atmossfer lereng Gunung Merapi yang sangat memanjakan pengunjung.  Lahan untuk berkemah ini cukup luas. Selain itu, area tersebut menyediakan fasilitas wisata yang memadai seperti taman bermain dan toilet dengan jumlah yang banyak. Bahkan begi pengunjung yang tidak berkemah, juga bisa piknik di area tersebut.

-

Itulah ulasan beberapa spot yang patut kalian coba untuk berkemah di lereng Gunung Merapi. Pasti dijamin akan merasakan ketenanangan alam yang memanjakan seolah tak ingin pulang.