Mengenang sosok Ratu Horor Indonesia, 7 Film Horor Legendaris Suzanna

Contents [Click here]

Suzanna adalah seorang aktris kelahiran 13 Oktober 1942 dengan nama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch. Sebagai aktris yang telah melenggang di berbagai deretan film horor, Suzanna sangat melekat dengan label Sang Ratu Horor Indonesia. 

Cuplikan Penampilan Suzanna di Film Sundel Bolong
(dok. youtube.com)
Penampakannya yang ikonik adalah sosok hantu wanita dengan rambut mengembang atau lurus menjuntai panjang, mengenakan baju terusan panjang berwarna putih dan wajah pucat pasi biasanya disebut kuntilanak. Di antaranya juga dengan penampakan yang sama dengan luka menganga di bagian tubuhnya yang dikenal dengan Hantu Sundel Bolong.

Di Indonesia, flm horror yang dibintanginya sangat laris. Bahkan, meski kini telah tiada, sosok Suzanna kembali dihadirkan dalam film horror legendarisnya yang telah diremake dalam film serial edisi Suzanna karya rumah produksi Soraya Intercine Films.

Pamornya yang tak tergantikan, inilah 7 rekomendasi film horor menampilan sosok legendaris Sang Ratu Horror. Simak ya!

Sundel Bolong

    Year             : 1981
    Directed by : Sisworo Gautama Putra
    Staring by   : Suzanna, Rudy Salam, Barry Prima

Cuplikan adegan Suzanna  di film Sundel Bolong 1981
Cuplikan adegan di film Sundel Bolong 1981
(dok. youtube.com)

Sinopsis

Alisa, seorang mantan PSK menikah dengan seorang pria bernama Hendarto. Alisa menjalankan hobinya mendesain dan menjahit. Suatu hari Rudy, pemilik sebuah butik, tertarik dengan karyanya tapi lebih ingin menjadikan Alisa sebagai model. 
Pada saat yang sama, Alisa bertemu dengan Mami, germonya di masa lalu. Namun Alisa menolaknya dan segera pulang. Namun saat perjalanan pulang, dirinya malah dihadang beberapa pria yang membawanya dan bertemu dengan Rudi dan Mami. Setelah itu malapetaka yang tak diinginkan pun terjadi.

Beranak Dalam Kuburan

    Year             : 1971
    Directed by : Ali Shahab, Awaludin
    Written by   : Sjumandjaja
    Staring by   : Suzanna, Dicky Suprapto, Sofia Amang, Mieke Wijaya

Film Beranak dalam Kubur adalah film drama horor yang dibintangi oleh Suzanna tahun 1971
Beranak Dalam Kubur (1971)

Sinopsis

Lila dan Dhora adalah dua bersaudara yang telah terpisah selama bertahun-tahun sejak kecil. Keduanya memiliki karakter yang bertolak belakang sehingga ayah mereka memutuhkan untuk membawa Lila untuk tinggal dengan tantenya di kota sementara Dhora tetap tinggal bersama ayah dan ibunya di desa.

Suatu hari Dhora memutuskan untuk kembali pulang saat mendengar kabar ibu tirinya telah meninggal dan kebetulan suaminya telah pergi ke luar negeri. Namun kembali pulang ke kampung halamannya menjadi malapetaka untuk Lila bersama bayi dalam kandungannya. Bahkan setelah kematiannya, desa itu terus diteror oleh sosok hantu wanita yang mengerikan.

Malam Satu Suro

    Year             : 1988
    Directed by : Sisworo Gautam Putra
    Written by   : Naryono Prayitno
    Staring by   : Suzanna, Fendy Pradana, Nurnanginsih

Malam Satu Suro adalah film horor dram yang dibintangi Suzanna
Malam Satu Suro (1988)

Sinopsis

Dua orang pria dari kota datang ke Hutan Roban. Tak sengaja mereka malah bertemu dengan Suketi, sosok wanita yang sangat cantik. Salah satu dari kedua pria itu , Bardo, berhasil menikahi Suketi pada malam 1 suro. 

Pria itu memboyong Suketi ke rumahnya dan rumah tangganya mendapatkan banyak keberuntungan. Sehingga kehidupan rumah tangga Badro dan Suketi sangat bahagia. Namun kebahagiaan itu terpaksa berhenti saat tiba-tiba Suketi telah tewas di tangan musuh suaminya.

Malam Jumat Kliwon

    Year             : 1986
    Directed by : Sisworo Gautama Putra
    Written by   : Naryono Prayitno
    Staring by   : Suzanna, Alan Nauri, Doddy Wijaya

Malam Jumat Kliwon adalah salah satu film horor drama misteri yang dibintangi Suzanna
Malam Jumat Kliwon (1986)
Sinopsis

Ayu Trisnaningrat adalah seorang penulis novel misteri. Suatu saat Ayu mengungkapkan bawa dirinya tidak bisa berkonsentrasi menulis kepada kekasihnya, Anton. Anton mengajaknya pergi Ayu ke luar kota sampai bertemu dengan sebuah rumah terbengkalai. 

Ayu merasa sangat familiar dan nyaman dengan rumah itu. Karena itu dirinya ingin menulis novelnya di rumah itu. Setelah berhasil mendapatkan ijin, dirinya diperbolehkan untuk tinggal di rumah itu bersama dengan seorang pembantu. Namun sejak kepindahan di rumah itu, Ayu sering mendapatkan gangguan mistis oleh sesosok hantu wanita. 

Telaga Angker

    Year             : 1984
    Directed by : Sisworo Gautama Putra
    Written by   : Naryono Prayitno
    Staring by   : Suzanna, George Rudy, Sandy Taroeh, Nina Anwar

Telaga Angker adalah salah satu film drama horor keluarga yang dibintangi oleh Suzanna
Telaga Angker (1984)
Sinopsis

Suatu malam rumah Anita diserang oleh penjahat yang dendam kepada suaminya dan merenggut nyawa adik iparnya, Lenny. Sayangnya saat Anita melarikan dari dari para penjahat, dirinya tidak bisa menghindari dari maut. Anita ditenggelamkan ke dalam sebuah telaga bersama bayi dalam kandungannya. 

Suami Anita, Robby, dirundung dengan kesedihan tak terkira. Suatu malam Anita tiba-tiba muncul di kamarnya membuat Robby bahagia. Namun keesokan harinya Anita kembali menghilang. Karena itu Robby bertekad untuk menemukan pembunuh istrinya. 

Santet (Ilmu Pelebur Nyawa)

    Year             : 1988
    Directed by : Naryono Prayitno
    Written by   : Sjumandjaja
    Staring by   : Suzanna, Jagat Karana, Joice Erna, Jeffry Waworuntu

SANTET ilmu pelebur nyawa adalah salah satu film drama horor yang dibintangi oleh Suzanna
Santet: Ilmu Pelebur Nyawa (1988)

 Sinopsis

Katemi adalah seorang istri dari Sarma. Karena parasnya, Bisman pun menyukai Katemi dan ingin memilikinya. Suatu hari istri Bisman meninggal dan Bisman menuduh bahwa Sarma lah dalang dari kematian istrinya. Karena hal itu, Sarma dieksekusi oleh warga hingga akhirnya tewas. 

Katemi pun melarikan diri ke dalam hutan hingga terperosok masuk ke dalam sebuah gua yang ditinggali oleh Nyi Angker. Di sana Katemi diajarkan sebuah ilmu oleh Nyi Angker. Namun sayangnya suatu hari Katemi berhasil kembali ditemukan oleh warga dan Bisman.

Ratu Ilmu Hitam

    Year             : 1981
    Directed by : Liliek Sidjio
    Written by   : Imam Tantowi
    Staring by   : Suzanna, W.D. Mochtar, Teddy Purba, Sofia W.D.

   

Ratu ilmu hitam adalah salah satu film horor drama yang dibintangi Suzanna
Ratu Ilmu Hitam (1981)

Sinopsis

Murni sangat meyanyangi kekasihnya tapi suatu ketika diirinya ditinggalkan. Kekasihnya menikahi wanita lain. Belum selesai merasa tersiksa, Murni difitnah menjadi penyihir sehingga dirinya didorong jatuh ke bawah tebing. 

Selamat dari kematiannya, Murni diselamatkan oleh seorang pria. Pria itu merawat Murni hingga sembuh dan menyarankan Murni untuk belajar ilmu hitam agar bisa membalaskan dendamnya. Berhasil belajar ilmu hitam.

 

Nah, apakah kalian sudah menonton film-film di atas? Mana yang jadi favoritmu?

Baca juga: