3 Film Remake Horor Legendaris Suzanna, Sang Ratu Horror Indonesia!

Contents [Click here]

        Masih banyak masyarakat Indonesia mengingat jelas sosok 'Ratu Horor Indonesia'. Label itu sangat melekat dengan aktris Indonesia kelahiran 13 Oktober 1942 bernama Suzanna Martha Frederika van Osch. Sayangnya setelah 2 hari ulang tahunnya ke-66, Suzanna menutup usianya.
Cuplikan penampilan Suzanna di Film Sundel Bolong 1971
Cuplikan penampilan Suzanna di Film Sundel Bolong
(dok. youtube.com)

        Perlu diketahui Suzanna telah membintangi ± 40 film sejak debutnya di tahun 1950. Jadi tidak perlu diragukan lagi bagaimana sosok Suzanna ini sangat membekas di memori masyarakat Indonesia khususnya di era 1970-an sampai awal 2000-an dan film-filmnya horornya yang legendaris.

        Bahkan untuk membayar kerinduan masyarakat Indonesia terhadap sosok Ratu Horor Indonesia, inilah film-film horor legendarisnya yang telah diremake dalam rangkaian film serial Suzanna:

1. Suzanna: Bernapas dalam Kubur

  • Tahun           : 2018 
  • Directed by  : Rocky Soraya, Anggy Umbara 
  • Written by    : Ferry Lesmana, Beni Dion Rajagukguk, Sunil Soraya
  • Staring by    : Luna Maya, Herjunot Ali, T. Rifnu Wikana
     "Setelah penantiannya 7 tahun sejak pernikahannya, Suzanna akhirnya bisa hamil. Sampai di suatu malam saat suaminya tak ada di rumah sebuah insiden terjadi yang merenggut nyawa Suzanna"
Luna Maya di Film Suzanna: Bernapas dalam Kubur
'Suzanna: Bernapas dalam Kubur' diperankan oleh Luna Maya
(Dok. youtube/trailer Suzanna: Bernapas dalam kubur)
        Film produksi Soraya Intercine Film ini telah berhasil ditonton sebanyak 3,3 juta penonton pada tahun 2018. Penampilan Luna Maya sebagai Suzanna pun patut diacungi jempol karena tampak sangat mirip dengan Suzanna yang asli. Bahkan Luna Maya berperan sebagai hantu sundel bolong dan tampak sangat apik! Berkat film ini, Luna Maya meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terfavorit di IMAA 2019.

2. Suzanna: Santet Ilmu Pelebur Nyawa

  • Tahun           : -
  • Directed by  : Rocky Soraya
  • Written by    : -
  • Staring by    : Luna Maya

       Film "Santet Ilmu Pelebur Nyawa" tahun 1986 ini menceritakan kisah seorang istri yang ingin membalas dendam setelah suaminya difitnah dan dihabisi oleh warga. Untuk membalas dendam, sang istri bertemu dengan seseorang di sebuah gua dan mempelajari ilmu hitam.

       Film 'Suzanna: Santet Ilmu Pelebur Nyawa' direncanakan akan release di akhir tahun 2020. Namun sampai saat (2023), film ini belum direlase. Padahal pada tahun 2020 saat pers konferensi di kantor Soraya Intercine Films, Luna Maya sebagai pemeran utama mengaku akan terbang ke Rusia selama 5 hari untuk persiapan make up prostetik. 

        Meski begitu, semoga film ini segera ada titik terang ya! 

3. Suzanna: Malam Jumat Kliwon

  • Tahun           : 2023
  • Directed by  : -
  • Written by    : -
  • Staring by    : Luna Maya
     "Seorang wanita bersama kekasihnya datang ke sebuah perkampungan dan ditinggal di sebuah rumah tak berpenghuni. Namun sejak tinggal di rumah itu, sang wanita sering melihat sosok hantu sundel bolong yang mirip dengan diirinya"
Luna Maya di Film Suzanna: Malam Jumat Kliwon
Suzanna: Malam Jum'at Kliwon
(Dok. youtube.com/trailer Suzanna: Malam Jumat Kliwon)
        Berkat kesuksesan Film 'Suzanna: Bernapas dalam Kubur' (2018), rumah produksi Soraya Intercine Films berencana untuk membuat film serial Suzanna selanjutnya. Belum ada kabar kepastian 'Suzanna: Santet Ilmu Pelebur Nyawa', tapi rumah produksi Soraya telah mengeluarkan teaser resmi 'Suzanna: Malam Jumat Kliwon'. Film asli dengan judul serupa yang diperankan oleh Alm. Suzanna ditayangkan pada tahun 1986. 

        Jadi yuk kita sama-sama menunggu penampilan Luna Maya menjadi sosok hantu sundel bolong yang menjadi ciri khas Suzanna dalam film horornya!

Baca juga: