Sate Kere: Street Food Khas Solo di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

Contents [Click here]
Lemak yang Bikin Nagih!

Sate Kere adalah salah satu kuliner yang mudah ditemui di Jogja. Meski asalnya dari Solo, sate ini sering dijumpai di sudut-sudut Jogja baik di tepi jalan maupun di destinasi wisata. Salah satunya di Alun-Alun Kidul.

Sate Kere di Alun-Alun Kidul Yogyakarta
(dok. pribadi/ailunana)

🎫 : 3k/motor, 5k/mobil

Alun-Alun Kidul merupakan salah satu destinasi utama kuliner jajanan di Jogja. Akan ada seorang ibu di salah satu sudut lapangan rumput alun-alun yang menjual sate ini. Ibu asal dari Madura tersebut biasanya sudah siap di antara jam 4 sore - 9 malam.

Pedagang Sate Kere di Alun-Alun Kidul Yogyakarta
Pedagang Sate Kere di Alun-Alun Kidul Yogyakarta
(dok. pribadi/ailunana)

Berbahan utama lemak atau dalam Bahasa Jawa dikenal keronyos atau tetelan, sate ini memang sangat oily. Namun biasanya penjual juga menyediakan pilihan jeroan dan daging ayam atau sapi bagi pembeli yang mungkin tidak menyukai lemak atau akan eneg dengan makanan yang satu ini.

Penampilannya yang tidak berbeda dengan sate madura, Sate Kere juga dihidangkan dengan bumbu yang serupa.

Sate ini dibakar lalu disirami bumbu kacang. Nikmatnya juga disajikan dengan sambal dari cabai dan bawang merah mentah yang akan memberikan rasa pedas dan segar. Condiment lain ada lontong sebagai pengganti nasi yang akan mengenyangkan dan juga bisa mengurangi rasa eneg dari lemaknya.

So, pecinta lemak aka tetelan tunggu apalagi? Kalian langsung coba gih!