Pengalaman Perjalanan Estafet Yogyakarta-Lombok, Hanya 500K!

Contents [Click here]

Perjalanan estafet memang melelahkan tapi bagi para traveler, hal ini malah menyenangkan. Nah, ini ulasan singkat perjalanan estafet dari Yogyakarta ke Lombok. Tenang saja, biayanya di bawah Rp.500.000 ya!

Nah, ini ulasannya:

  1. Menggunakan Bis AKAS MILA Sejahtera dari di Terminal Giwangan, Yogyakarta ke di Terminal Brawijaya, Banyuwangi. Bis ini jenis ekonomi AC melalui full Trans Jawa dengan biaya tiketnya seharga Rp.200.000/orang melalui aplikasi traveloka. Perjalanan ini memakan waktu ± 12 jam.
    * Tips: Pilih dan minta ke kornetnya untuk duduk di kursi yang nyaman.
    Situasi & Tiket Bis AKAS MILA Sejahtera

  2. Sesampai di Terminal Brawijaya, Banyuwangi menggunakan ojek online ke Pelabuhan Ketapang. Biayanya Rp.38.000 menggunakan ojek online motor.
    *Tips: Bagi kalian yang tidak ingin estafet, kalian bisa mencari bis ke Bali atau langsung ke Lombok di agen-agen bis di Terminal Brawijaya. Bahkan ada juga bis-bis di Pelabuhan Ketapang.
  3. Sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi membeli tiket penyeberangan ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali via aplikasi Ferizy atau membeli di agen-agen yang menjual di depan pelabuhan. Harga tiket penyeberangan dengan kapal feri sebesar Rp. 10.000-an/pejalan kaki.
    *Tips: Sebaiknya membeli via aplikasi karena harganya jauh lebih mahal daripada membeli di agen.
    Situasi Pelabuhan Ketapang

  4. Di Pelabuhan Gilimanuk, Bali mencari angkutan ke Terminal Ubung, Denpasar untuk mencari kendaraan umum ke Pelabuhan Gilimanuk. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 5-7 jam tergantung kepadatan jalan. Di Pelabuhan Gilimanuk ada banyak pilihan kendaraan dan salah satunya ada yang reservasi bis yaitu Bis Sehati yang berhenti di Terminal Ubung. Harga tiketnya Rp. 60.000/orang sementara yang reservasi harga tiketnya Rp.50.000/orang.
    *Tips: Bagi yang ingin nyaman ya sebaiknya menggunakan bis sehati dan jika beruntung dapat bis yang ber-AC. Perhatikan jam yang disediakan sehingga tidak selalu ada.
    Situasi Angkutan Umum (bis)
    Situasi Angkutan Umum (bis)

  5. Mencari kendaraan di Terminal Ubung, Denpasar untuk ke Pelabuhan Padang Bai, Bali. Kalau beruntung ada bis ke Pelabuhan Padang Bai, Bali. Namun jika tidak ada menggunakan kendaraan seadaanya yaitu ojek dengan harga ojeknya Rp.100.000/orang. 
    *Tips: Coba dengan lihai untuk menawar harganya.
  6. Di Pelabuhan Padang Bai, Bali membeli tiket kapal feri ke Pelabuhan Lembar, Lombok. Harga tiketnya di agen adalah Rp.75.000/pejalan kaki.
    *Tips: Jika tidak bisa membeli tiket via aplikasi Ferizy akan ada agen yang berada di area pelabuhan.

-

Singkat perjalanannya:

Terminal Giwangan, Yogyakarta 🠖 Terminal Brawijaya, Banyuwangi 🠖 Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi 🠖 Pelabuhan Gilimanuk, Bali 🠖 Terminal Ubung, Bali 🠖 Pelabuhan Padang Bai 🠖 Pelabuhan Lembar, Lombok

Total biayanya:

Rp.200.000 + Rp.38.000 + Rp.11.000 + Rp.60.000 + Rp.100.000 + Rp.75.000 = Rp.484.000,-

-

Itulah pengalaman dan tips-tips yang bisa kalian coba untuk perjalanan dari Yogyakarta ke Lombok! Have fun!