7 Rekomendasi Atraksi Wisata di Kawasan Kaliurang: Kawasan Super Dingin di Kaki Gunung Merapi

Contents [Click here]

Meskipun dingin, ada banyak pilihan wisata di kawasan ini!

Seluruh masyarakat Joga pastinya pernah datang ke kawasan super adem ini. Kawasan Kaliurang dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan Yogyakarta. Tentu saja pada hari libur dan weekend banyak pengunjung yang berkunjung menghabiskan waktu mereka ke sini. Memasuki kawasan ini, akan pengunjung ditarik biaya retribusi. Loketnya berada di beberapa titik masuk ke Kawasan Kaliurang.

Suasana Kabut di Kawasan Kaliurang
Suasana kabut di pagi hari Kawasan Kaliurang (dok. pribadi/ailunana)

📍   Pintu masuk Kawasan Kaliurang di Jalan Kaliurang, Ngipiksari, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

🎫 HTM Kawasan Kaliurang Rp.4000,-/org

Tiket Masuk Kawasan Wisata Kaliurang
Pintu masuk Kawasan Kaliurang (dok. pribadi/ailunana)

Berada di bawah kaki Gunung Merapi, kawasan Kaliurang menyuguhkan banyak spot-spot yang bisa dikunjungi. Namun spot-spot tersebut tidak dibuka sepanjang hari. Ada spot-spot tertentu yang hanya buka dari pagi sampai tengah hari, dari pagi sampai sore, hanya di malam hari dan ada juga yang buka sepanjang hari.

Nah, inilah alasan berkunjung di Kawasan Kaliurang yang bisa jadi pilihan.

Wisata menikmati pemandangan Jogja dari kaki Merapi

Pemandangan Alam di Kaliurang
Ilustrasi pemandangan alam di Kaliurang

Gardu pandang merupakan salah satu rekomendasi tempat yang harus dikunjungi di Kaliurang. Spot ini menyuguhkan pemandangan Kota Jogja dari atas gardu pandang. Akan sangat indah jika datang di pagi hari. Gardu pandang dibuka dari pagi-sore hari. Tidak hanya menyajikan spot gardu pandang, di sekitarnya ada banyak pilihan kuliner dan area bermain yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Taman Wisata Alam Gardu Pandang
Taman Wisata Alam Gardu Pandang

Aneka sarapan pagi di setiap sudut Kaliurang

Kios-kios jajanan di pinggir jalan Kawasan Kaliurang

Memutuskan untuk sarapan di Kaliurang bisa sangat direkomendasikan. Tidak hanya jajanan saja, di sepanjang jalan ada banyak gerobak dan warung yang menjual berbagai makanan untuk sarapan pagi. Mulai dari soto, sate, gudeg, dan bahkan pecel. Pilihan sarapan akan sangat variatif pada hari-hari libur dan akhir pekan. Harga-harganya pun terjangkau karena penjualnya merupakan warga-warga sekitar.


Wisata museum dan tinggalan bersejarah menambah wawasan pengunjung

Jalan masuk ke Museum Ulen Sentalu

Tidak hanya menyuguhkan wisata alam, di Kaliurang juga berdiri dua museum yaitu Museum Ulen Sentalu dan Museum Gunung api Merapi. Museum Ulen Sentalu memiliki beragam display tentang sejarah dan kesenian. Sementara Museum Gunung Api Merapi menampilkan tentang Gunung Merapi dan ilmu pengetahuan gunung-gunung api secara umum.

Selain museum juga ada tinggala. Arkeologis di lereng Gunung Merapi yaitu Kompleks Goa Jepang. Kompleks Goa Jepang di Kaliurang ini berada di Bukit Plawangan. Sesuai dengan namanya, kompleks gua ini berkaitan dengan keberadaan Jepang di masa lampau. Pada masa lalu, gua-gua tersebut dibuat untuk melindungi diri dari serangan para sekutu. Kini kompleks gua tersebut menjadi salah satu spot destinasi wisata sembari menikmati pemandangan alam Bukit Pelawangan yang asri.

Wisata Kebun Binatang

Kebun Binatang Suraloka di Kaliurang
Kebun Binatang Suraloka
Di Kawasan Kaliurang ini juga ada kebun binatang yaitu Suraloka Zoo. Ada beragam hewan yang ada di sana. Bahkan di dalamnya juga ada beragam atraksi wisata yang bisa kalian pilih. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga kalian! 

Wisata Jeep Tour di sungai-sungai kaki Gunung Merapi

Jeep-jeep yang digunakan untuk jeep tour area Kaliurang
Jeep tour di area Kaliurang

Jeep tour merupakan salah satu kegiatan andalan para pengunjung yang datang ke kawasan ini. Khususnya di akhir pekan, tiap jalan-jalan di Kaliurang dan sekitarnya banyak dilalui mobil-mobil jeep yang mengankut penumpang. Klimaksnya, pengunjung akan dibawa ke sungai-sungai dengan debit sedikit untuk menguji adrenalin mereka.

Pemandangan Arsitektur Indis di sepanjang Jalan Kaliurang

Bangunan-bangunan tua bergaya indis di sepanjang tepi jalan Kawasan Kaliurang
Bangunan-bangunan bergaya indis di sepanjang jalan Kawasan Kaliurang
(dok. pribadi/ailunana)

Sepanjang jalan di kawasan ini berdiri banyak bangungan-bangunan tua. Jangan salah bangunan-bangunan tersebut merupakan tinggalan hunian bangsa Belanda. Bangunan-bangunan itu memiliki gaya indis yang memikat para pengunjung ke Kaliurang. Di antaranya ada yang disewakan secara umum dan ada yang menjadi properti pribadi. Namun ada juga yang terbengkalai tanpa dihuni sama sekali.

Beragam Pilihan Penginapan di sepanjang jalan

Pengunjung yang ingin menikmati sensasi menginap di Kaliurang yang super dingin bisa memilih penginapan yang berada di sepanjang jalan kawasan ini.  Mulai dari wisma yang disewakan per kamar, villa hingga hotel dengan harganya yang beragam. Pilihan penginapan-penginapan ini selalu dibuka 24 jam. Jadi pengunjung tidak perlu pusing-pusing.

Itulah 7 alasan yang mendasarimu berkunjung ke kawasan ini. Jadi tunggu apalagi? Jalan-jalan gih!