5 Alat Dapur Yang Wajib Dimiliki Anak Kos, Tetap Bisa Makan Mewah Di Akhir Bulan!

Contents [Click here]

Mentang-mentang anak kos bukan berarti tidak bisa memasak makanan nikmat ya!  

Tidak sedikit anak kos digadang-gadang selalu bermasalah dengan akhir bulan. Saat-saat ini adalah ketika dompet anak kos sedang menipis bahkan super tipis. Akhirnya mau tidak mau mereka hanya memakan makanan seadanya. Terparah ada yang harus menahan lapar dan tidak memakan apapun.

Bukankah fase ini sangat melelahkan?

Sebenarnya ada solusi kok untuk menanggulangi permasalahan yang berlarut-larut ini. Kalian bisa mulai memasak sendiri di kos.

Menu Makanan Rumahan Anak Kos-Kosan
Ilustrasi menu makanan anak kos
(dok. pribadi/ailunana)

Nah, inilah 5 alat dapur yang setidaknya harus dimiliki anak kos! Highly recommended sebagai survival kit: kitchen set anak kos tanpa lagi-lagi menganggap akhir bulan sebagai momen kejatuhan!

Rice Cooker

Rice Cooker atau magic com untuk anak kos
Rice Cooker
(dok. pribadi/ailunana)

Rice cooker adalah barang pertama yang harus wajib dimiliki oleh seorang anak kos. Umumnya dijual satu set dengan pengukus di dalamnya. Tidak hanya untuk memasak, merebus, dan mengukus, beberapa anak kos juga bisa menggoreng menggunakan rice cooker.

Biasanya rice cooker digunakan untuk memasak nasi. Namun anak-anak kos juga menggunakannya untuk memasak mie instant, mengukus makanan, dan lain-lain.

Bagi yang tidak mau repot-repot memasak beberapa anak kos memilih masak nasi lalu membeli lauk di luar. Setidaknya hal ini bisa mengurangi pengeluaran. Hemat bukan?

 Beli di sini:
🛒 Shopee

Panci Listrik

Panci listrik dengan sayur tumisan di dalamnya
Panci listrik
(dok. pribadi/ailunana)

Tidak berbeda dengan rice cooker, panci listrik adalah salah satu kitchen tool yang sangat penting! Panci listrik bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan dengan merebus, mengukus, dan juga menggoreng.

Meski memasak bagi anak kos terdengar merepotkan, tapi bagi yang ingin meminimalisir pengeluarannya sangat direkomendasikan untuk membeli panci listrik! Setidaknya memasak makanan simple seperti telur goreng bisa menggunakan panci ini ya!

Beli di sini:

🛒 Shopee

Pemanas air/Teko Listrik

Pemanas Air Stainless Steel/Teko Listrik
Pemanas Air/Teko Listrik
(Dok. pribadi/ailunana)
Satu lagi alat yang bisa mempermudah anak kos untuk bertahan hidup, yaitu pemanas air. Alat ini bisa digunakan untuk memasak air. Tanpa repot-repot, setelah air mendidih pemanas air ini akan mati secara otomatis.

Hack-nya adalah anak kos tidak perlu membeli air galon atau botolan jika air di tempatmu air bersih bisa untuk diminum setelah dimasak. Jadi pengeluaran untuk membeli galon air atau botolan-botolan bisa dipangkas!

Beli di sini:

🛒 Shopee

Chopper

Chopper Manual untuk anak kos
Chopper Manual
(dok. pribadi/ailunana)

Chopper ini sangat membantu anak kos dari segi efisen waktu dan tenaga. Sehingga tidak perlu repot-repot mencacah atau mengiris bahan-bahan masakan tetentu seperti bawang-bwangan, tomat, dan lain-lain. 

Alat ini tentu akan sangat membantu anak kos ya! Jenisnya pun variatif, ada yang manual dan ada yang elektrik. Tentu yang elektrik lebih efisien tenaga tapi harganya lebih mahal dari yang jenis manual.

Beli di sini:

🛒 Shopee 

Cobek

Ilustrasi cobek batu untuk anak kos
Cobek batu
(dok. pribadi/ailunana)

Alat satu ini terkesan tidak begitu penting. Namun bagi anak kos pecinta pedas alias sambal, alat ini sangat penting! Cukup hanya dengan sambal + nasi + lauk sederhana saja sudah pasti memuaskan rasa lapar yang nikmat bukan?

Beli di sini:

🛒 Shopee

Itulah alat-alat dapur yang bisa dilakukan para anak kos untuk menyelamatkan diri di akhir bulan. Nah, alat dapur apalagi yang wajib dimiliki anak kos belum tertera di sini? Komen ya!